Warga Jangan Panik Petugas Kesehatan Lakukan Kunjungan

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, M Nazaruddin mengatakan warga Kapuas Hulu agar tetap tenang dan jangan panik, terutama ketika petugas kesehatan melakukan pemeriksaan dengan menggunakan Alat Pengaman Diri (APD) berupa masker, pelindung badan dan lainnya. “Masyarakat jangan takut atau panik ketika ada petugas kesehatan berkunjung ke sekitar tempat tinggalnya dengan menggunakan APD,” ucapnya, saat ditemui di Dinkes Kapuas Hulu, Selasa (24/3/20).

Nazaruddin menegaskan saat ini belum ada masyarakat Kapuas Hulu yang positif terkena virus corona. Berdasarkan data yang ada, Orang Dalam Pengawasan (ODP) berjumlah 33 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada satu orang. “Terkait ODP terus tenaga medis kita pantau, sedangan PDP yang dirawat di Sintang, kabar terakhir yang kami dapat dari RS terkait kondisinya baik,” tegasnya.

PDP tersebut, kata Nazaruddin, merupakan rujukan dari Kapuas Hulu ke Sintang. Terkait sampel yang bersangkutan masih juga dilakukan pemeriksaan oleh Litbangkes di Jakarta. “Dari hasil pemeriksaan nanti baru diketahui kena virus corona atau tidak, kita selalu berdoa ini hasilnya negatif,” ujarnya. 

Nazaruddin menambahakan, pihaknya terus berupaya berkoordinasi dengan Dinkes Prov Kalbar dan Kementerian Kesehatan untuk mendapatkan APD bagi tenaga medis, agar tenaga medis terproteksi dari covid-19. Sejauh ini, stok yang tersedia masih mencukupi untuk Rumah Sakit dan Puskesmas namun tidak dalam waktu yang lama. “Beberapa bulan ini saya rasa masih cukup, tapi kami terus berusaha untuk mendapatkannya dari Pemprov Kalbar atau Pemerintah Pusat, kami berharap bantuan itu segera diberikan,” ucapnya. (yohanes)

Share Post: