Vox Point Indonesia Wilayah Putussibau Terbentuk


Sekretaris Jenderal (Sekjen)  Vox Point Indonesia, Lidya Natalia mengukuhkan pengurus Vox Point Indonesia wilayah Putussibau periode 2017-2020, Minggu 08 Oktober 2017 pukul 12.00 WIB. Dalam pengukuhan itu Heri, ditetapkan sebagai Ketua Vox Point Indonesia wilayah Putussibau. Vox Point ini sendiri adalah organisasi Katolik, yang bergerak di sisi sosial dan politik. Sekjen Vox Point Indonesia, Lidya Natalia S menuturkan, Vox Point pertama dibentuk Jakarta, Kalimantan Barat, Sumatra Utara. "Untuk Sulawesi Selatan lalu Papua serta Nusa Tenggara Timur, masih menunggu Uskup setempat untuk pengukuhannya," tutur Sekjen Vox Point Indonesia, diselah pengukuhan. Menurut Sekjen Vox Point Indonesia, Vox Point bentuknya adalah paguyuban (perkumpulan yang bersifat kekeluargaan) yang menggabungkan keseluruhan insan Nasrani. Usia minimal anggota yang tergabung adalah 18 tahun. Paguyuban ini bertujuan untuk menyuarahkan nilai-nilai Kebangsaan serta edukasi politik. Politik bukan tentang partai, tetapi secara keseluruhan tentang perkembangan Bernegara. "Intinya 100 persen Katholik, 100 persen Indonesia," tegas Sekjen Vox Point Indonesia. 

Ketua Vox Point Indonesia cabang Kapuas Hulu, Heri mengatakan, bahwa organisasi Vox Point korelasinya erat kepada Gereja. Terdiri dari kumpulan orang-orang yang peduli tentang Katholik.  "Dalam organisasi Katholik memang ada banyak. Seperti OMK (Orang Muda Katholik), tapi ada batasan umur maksimal hingga 45 tahun. "Dengan adanya Vox Point memberi ruang umat Nasrani secara umum untuk bersatu dalam sebuah organisasi," ujar Ketua Vox Point Indonesia cabang Kapuas Hulu. Vox Point Kabupaten Kapuas Hulu, Ketua Vox Point Indonesia cabang Kapuas Hulu mengatakan, meski belum dikukuhkan sudah berbuat untuk masyarakat. "Kami sudah buka posko untuk bantuan ke daerah Nanga Raun yang terkena banjir, dan bantuan yang diperoleh sudah kami salurkan," tutur Ketua Vox Point Indonesia cabang Kapuas Hulu.

Pastor Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda (HSPMTB) Putussibau, Kornradus Hancu, mengapresiasi hadirnya Vox Point di Kabupaten Kapuas Hulu. Pst. Kornradus Hancu berharap organisasi tersebut bisa merangkul siapa saja orang Katholik yang mau dan mampu membangun Negara lebih baik. "Organisasi ini hendaknya jadi ibu untuk merangkul semuannya untuk bidang sosial dan politik secara umum," tutur Pastor Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda (HSPMTB) Putussibau. Hal terpenting yang ditegaskan Pst. Kornradus Hancu, Vox Point jangan dijadikan partai politik. Tapi dijadikan wadah pemersatu umat Katholik, dalam tindakan sosial-politik. "Agar pembangunan Negara lebih baik, dengan partisipasi masyarkat secara umum, khususnya umat Katholik," tegas Pastor Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda (HSPMTB) Putussibau. (Doc. Bidang SAI-DKIS)

Share Post: