Sekretaris Dinas PUBMSDA Mengikuti Rapat Penyusunan DIKPLHD Kapuas Hulu


PUTUSSIBAU – Lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasi bagi setiap warga negara. Seluruh pemangku kepentingan berkewajiban untuk melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan. Oleh karenanya hak dan kewajiban bagi seluruh warga dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup tidak dapat dipisahkan. Salah satu indikatornya adalah tersedianya data dan informasi tentang lingkungan hidup, Rabu 18/11/2020 bertempat di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu telah diadakan rapat Penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2020.

Dedy, S.T.,M.T Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Kabupaten Kapuas Hulu Dedy,S.T.,M.T pada kesempatan tersebut diundang mengikuti Rapat yang juga dihadiri dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum serta Tim Penyusunan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu.

Penyusunan Dokumen DIKPLHD ini meliputi pengumpulan dan pengolahan data, analisis data, dokumentasi kebijakan, dan penyajian informasi dengan model D-P-S-I-R (Driving Force-Pressure-State-Impact-Response). DIKPLHD dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi serta menjadi bagian penting sebagai sarana penyediaan data dan informasi Iingkungan hidup untuk menjadi acuan kebijakan dan perencanaan pemerintah daerah dalam menentukan prioritas pembangunan sesuai prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan hidup.

“DIKPLHD ini juga sebagai bentuk akuntabilitas kepada publik sehingga dapat menunjang pencapaian tata kelola pemerintahan yang baik sesuai semangat Reformasi Birokrasi” ungkap Dedy, S.T., M.T.

Share Post: