Puskesmas Putussibau Utara Bagikan Obat Kaki Gajah di Jangkang

Petugas kesehatan Puskesmas Putussibau Utara mengunjungi Desa Jangkang, kecamatan Putussibau Utara belum lama ini. Para petugas kesehatan tersebut membagikan obat penyakit kaki gajah.

Salah satu petugas tim kesehatan Puskesmas Putussibau Utara,  Meliska Novia Sari mengatakan bahwa bulan Oktober merupakan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA). Untuk itu timnya mengunjungi masyarakat mulai dari usia 2 – 70 tahun yang tinggal di endemis penyakit kaki gajah. “Kami datang ke masyarakat untuk mengingatkan untuk minum obat pencegahan penyakit kaki gajah. Khususnya warga yang masuk dalam program pemberian obat pencegahan massal (POPM) filariasis sebanyak 1 dosis setiap 5 tahun berturut – turut,” terangnya, Senin (16/10/2020).

Pada masyarakat desa Jangkang, kata Meliska, timnya melakukan pembagian obat Albendazole. Obat tersebut merupakan obat pencegah penyakit kaki gajah. “Namun sayangnya selama kegiatan di Jangkang, ada masyarakat yang tidak berada di rumah saat proses pembagian obat tersebut, mereka masih di ladang atau di kebun. Mereka akan dikunjungi lagi nantinya,” kata perempuan yang berprofesi Bidan ini.

Meliska berharap agar masyarakat dan kader yang sudah dilatih di desa dapat bekerjasama dengan baik, sehingga proses pelaksanaan kegiatan pembagian obat kaki gajah dapat berjalan dengan lancar sesuai harapan. “Ini program pemerintah, kita harus sukseskan bersama-sama, kita harus saling kerja sama,” tuntasnya. (Yohanes)

Share Post: