Puskesmas Putussibau Selatan Laksanakan BIAS di SD IT Insan Mulia


Puskesmas Putussibau Selatan melaksanakan Bulan Imunisasi Anak (BIAS) DT dan TD di SD IT Insan Mulia Kecamatan Putussibau Selatan, Kamis (19/11)

Kepala Puskesmas Putussibau Selatan dr. Dasmiati Olfah menyampaikan, tujuan BIAS tersebut untuk memberikan perlindungan jangka panjang bagi anak terhadap Difteri dan Tetanus termasuk tetanus neonatorum. 

“Dengan BIAS juga diperoleh perlindungan bagi anak terhadap penyakit difteri selama 10 tahun, selain itu diperolehnya perlindungan bagi anak terhadap penyakit tetanus selama 25 tahun,” kata dr. Olfah.

BIAS dengan vaksin TD dan TD bagi anak-anak kelas 1,2 dan 5 SD. Kedua vaksin tersebut jelas dr. Olfah sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu mencegah terjadinya penyakit infeksi difteri, tetanus, dan batuk rejan (pertusis). 

“Namun, yang berbeda adalah waktu pemberian serta komposisi dosisnya,” jelas Olfah.

Ditambahkannya, imunisasi TD seringkali disebut sebagai imunisasi tambahan, sebab bekerja untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap ketiga jenis penyakit infeksi di atas.

“Seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan. Selain itu, dosis obat imunisasi TD lebih sedikit ketimbang imunisasi DT,” ujarnya.

Dikatakannya, setiap orang direkomendasikan untuk mendapat imunisasi anti tetanus dan difteri setiap 10 tahun. 

“Alasannya, kekebalan tubuh anda terhadap ketiga penyakit ini bisa saja menurun seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, imunisasi TD lebih dianjurkan untuk orang dewasa,” tandasnya.

Kegiatan BIAS dilaksanakan oleh dr. Irma Mulyani, Lely Dimyati, A.Md.Kep, Nita Yansurini, S.Kep.Ners, Rizki Jumiar Haryati, A.Md.Kep.

Share Post: