Puskemas Embaloh Hulu Rutin Laksanakan Skrining PTM


Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Skrining PTM (Penyakit Tidak Menular) menjadi salah satu kegiatan yang terus digencarkan tenaga kesehatan dilingkungan Puskesmas Embaloh Hulu.

Seperti yang dilaksanakan di Desa Pulau Manak Kecamatan Embaloh Hulu, Kamis (19/11/2020), sejumlah tenaga kesehatan Puskesmas Embaloh Hulu melaksanakan skrining PTM.

“Tujuan kegiatan skrining PTM itu dalam upaya pencegahan dan pengendalian faktor resiko penyakit tidak menular seperti penyakit hipertensi, diabetes melitus, kanker dan lain sebagainya berbasis peran serta masyarakat secara terpadu, rutin, periodik,” terang Kepala Puskesmas Embaloh Hulu.

Kegiatan dilaksanakan oleh Nakes Puskesmas Embaloh Hulu diantaranya Ischa Oktaviana, A.Md.Kep, Lusiana, A.Md.Kep, Ns.alsiena, S.Kep, Ns.Chandra Efendi, S.Kep, Supriana, A.Md.Kep dan Nisrinah Endah Trisnawati, S Tr.AK.

Dikatakan Kepala Puskesmas, kegiatan skrining meliputi kunjungan dari rumah kerumah, masyarakat diminta untuk membawa KTP dan BPJS, kemudian dilakukan penimbangan dan pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar perut, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan mata dan telinga serta sadanis.

“Kemudian pengukuran kadar gula darah serta konseling dan edukasi. Jumlah masyarakat yang diperiksa ada 11 orang, terutama masyarakat usia 15-59 tahun yang belum pernah ikut Posbindu tahun 2020 ini,” kata dia. 

Share Post: