Perkuat Sinergitas Lintas Sektor Dukung Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Kalis


Lokakarya Mini Lintas Sektoral Puskesmas Kalis Tahun 2019 dilaksanakan, Kamis (5/12). Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Camat Kalis, Elias Kinson SE. Hadir seluruh jajaran unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Kalis, Polsek, Danramil dan Undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Puskesmas Kalis Titin Juherni, A.Md.Keb menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan kerjasama lintas sektoral di Kecamatan Kalis yang sudah berjalan dengan baik selama ini. “Semoga dengan lokarya mini lintas sektoral ke IV ini, dengan penguatan sinergitas peran lintas sektoral dalam mewujudkan Kalis sehat secara mandiri dapat dicapai,” ungkap Kepala Puskesmas.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Camat Kalis, Elias Kinson SE mengungkapkan sebagaimana tema yang diangkat kali ini yaitu “Penguatan Sinergitas  Lintas Sektor Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Usia Produktif (15 – 59 th) melalui Posbindu, PTM dan Gaya Hidup Sehat dengan CERDIK Menuju Masyarakat Kalis Sehat Indonesia Unggul merupakan upaya petugas di bidang kesehatan yang harus didukung penuh oleh seluruh aparat Desa. “Karena nanti akan di paparkan capaian kesehatan yang menjadi cerminan kepada setiap desa untuk melihat sejauh mana capaian desa dan kader kesehatan dalam menangani permasalahan ataupun meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” tutur Sekcam Kalis.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan capaian program yang sudah dilaksanakan Puskesmas. Kemudian sesi tanggapan dan klarifikasi serta tanya jawab yang dipandu oleh Sekcam Kalis terhadap data yang telah di sampaikan oleh Kepala Puskesmas. Dan beberapa masukan serta tanggapan dari pejabat yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Hulu, Kasi PTM dr. Rossita. Selain itu ada tanggapan dari Kepala desa, petugas kesehatan, Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa, kader posyandu dan posbindu, pendamping desa dan Kepala sekolah SMPN I Kalis.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada 12 Desa dari 17 desa yang ada di Kecamatan Kalis yang telah memberikan dukungan dengan beberapa kebijakan melalui pengalokasian Dana Desa tahun 2019, pada Pembelian Alat Posbindu Kit dan Stik Isi Ulang GCU, Pelatihan Kader Posyandu dan Posbindu, serta pembelian closet/pembuatan WC ( Desa Nanga Kalis, desa Tekudak, desa Nanga Tubuk, desa Nanga Danau, desa Rantau Kalis, desa Bahenap, desa Peniung, desa Semerantau, desa Lebangan, desa Tapangdaan ,desa Nanga Raun dan desa Rantau Bumbun)

Kemudian dilanjutkan penyerahan piagam  penghargaan kepada petugas kesehatan Teladan atas nama Florentina Ating A. Md. Kep. Adapun hasil kegiatan bahwa seluruh Kepala Desa yang hadir dalam Lokakarya Mini Lintas Sektor triwulan ke IV Puskesmas Kecamatan Kalis itu sebagai berikut, pertama akan mengupayakan peningkatan capaian pelayanan kesehatan pada usia produkti dengan pengadaan alat Posbindu Kit untuk desa yang belum memiliki alat, dan pengadaan stik isi ulang GCU tuk desa yg sdh memiliki Posbindu Kit.

Kedua akan berupaya untuk menghimbau masyarakat untuk lebih meningkatkan kesadaran akan betapa pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan meningkatkan kapasitas kader posyandu dan posbindu. Ketiga akan  mengupayakan dan terus berproses menuju Desa ODF tahun 2020, keempat Kepala desa telah mempunyai rancangan dana kegiatan bidang kesehatan untuk tahun 2020 terutama kegiatan pencegahan Stunting, bekerjasama dengan puskesmas tuk melakukan penyuluhan yg melibatkan kader posyandu, tim penggerak pkk desa, dan organisasi wanita yg ada didesa(WK,majelis taklim) dengan metode praktik pembuatan dan penyajian MP ASI yang tepat dan yang kelima senantiasa aktif  mendukung kegiatan bidang kesehatan di Desa. Kemudian Lokakarya Mini Lintas Sektoral Puskesmas Kalis Tahun 2019 ditutup kembali oleh Sekretaris Kecamatan Kalis. (dinkes-KH)

Share Post: