Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Kepala Desa Periode 2022-2028


Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan Kepala Desa terpilih masa jabatan 2022-2028 hasil Pilkades serentak tahun 2022, berlangsung di Gedung DPRD Kapuas Hulu, Rabu (5/10/2022). Ada 74 kepala desa yang dilakukan pelantikan oleh Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dalam kesempatan itu.

Berdasarkan data dari DPMD Kabupaten Kapuas Hulu jumlah desa yang melaksanakan Pilkades serentak waktu lalu sebanyak 74 desa, dimana kades yang tidak mencalonkan kembali 24 orang dan petahana yang mencalonkan diri ada 50 orang.

“Petahana yang kembali terpilih menjadi kepala desa ada sebanyak 23 orang, dan kemudian petahana yang tidak terpilih lagi sebagai kepala desa 27 orang,” ucap Rupinus.

Pada kesempatan yang sama Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menegaskan bahwa tahapan pilkades serentak 2022 sudah selesai dilaksanakan, semua berjalan aman dan lancar. Ini tentunya karena dukungan semua pihak, baik itu penyelenggara, TNI Polri dan para tokoh masyarakat.

“Sebagai Kades terpilih, kalian jadi ujung tombak dalam pemerintahan. Kades dituntut berwawasan lebih,” tegas Bupati.

Bupati Kapuas Hulu menuturkan agar para Kepala Desa harus dibantu oleh masyarakat dalam menyelenggarakan otonomi desa sehingga dapat mensejahterakan masyarakat itu sendiri. Kades juga harus komitmen untuk mendukung pembangunan program pemerintah daerah Kapuas Hulu yakni menuju Kapuas Hulu Hebat.

“Desa saat ini diberikan kesempatan besar untuk tata pemerintahan sendiri. Didalam menjalankan roda pemerintahan tingkat desa, Kades harus lakukan layanan cepat tepat dan responsif,” ucapnya.

Selanjutnya Bupati Kapuas Hulu mengingatkan agar Kepala Desa dan aparatur desa melaksanakan Dana Desa secara transparan dan baik. Hindari penyalahgunaan wewenang yang bisa tersangkut hukum.

“Berdayakan perempuan di desa dan libatkan Badan Permusyawaratan Desa dalam kebijakan pemerintahan desa. Jadilah pemimpin yang baik,” ujarnya.

Bupati mengarahkan para Kades untuk aktif berkonsultasi dengan camat apabila ada persoalan.

“Dari hal kecil yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh akan bangun kepercayaan masyarakat pada pemerintah di desa,” tutur Bupati.

Kepada Kades sebelumnya, Bupati menyampaikan apresiasi atas dedikasinya membangun desa. Kegiatan pelantikan kades terpilih tahun 2022 ini turut disaksikan Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi, jajaran Forkopimda Kapuas Hulu, Sekda Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini, Ketua TP PKK Kapuas Hulu, Angeline Fremalco serta jajaran Kepala OPD Kapuas Hulu

The post Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Kepala Desa Periode 2022-2028 appeared first on Info Kapuas Hulu.

Share Post: