Mekar Mandiri Berhasil Kembangkan Bibit Sapi Bantuan Pemerintah Kab. Kapuas Hulu


Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu terus mendorong sektor perternakan dengan mengadakan bibit Sapi bagi kelompok ternak di Bumi Uncak Kapuas. Bantuan tersebut pun berhasil dikembang biakkan, salah satunya oleh kelompok ternak Mekar Mandiri di Kecamatan Mentebah.

Pada tahun 2012 lalu, kelompok Mekar Madiri medapatkan bantuan bibit Sapi jenis bali sebanyak 55 ekor. Berkat pendampingan pihak Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perternakan setempat, bibit Sapi tersebut menjadi indukan yang produktif. Bibit-bibit yang dihasilkan kemudian dibagikan kepada kelompok ternak lainnya.

"Mekar Mandiri dulunya dibantu bibit ternak 50 ekor Sapi betina dan 5 ekor Sapi jantan. Sapi-sapi itu sudah jadi indukan yang menghasilkan 20 anak sapi, 14 diantaranya diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu untuk dibantu kembali pada kelompok ternak Mekar Mandiri 2. Kalau 6 ekor anak Sapi lainnya akan dibantu untuk tahap kedua, mungkin Mekar Madiri 3," kata  Mujahidin, ketua kelompok ternak Mekar Mandiri.

Ia pun mengulas, kelompok ternak Mekar Mandiri dibentuk pada tanggal 11 Juli 2011. Awalnya hanya beranggotakan 20 peternak yang mengalami pasang surut dalam mengembangbiakan Sapi-sapi milik pribadi masing-masing. Setelah ada bantuan bibit Sapi dari Pemerintah, Mekar Madiri bertambah angggotanya menjadi 25 orang. "Jadi bibit Sapi betina bantuan itu yang kami pelihara dirumah sedangkan Sapi jantan dipeliharah di kadang utama," papar Mujahidin, ketua kelompok ternak Mekar Mandiri.

Setelah menjadi indukan, proses kawinnya dilakukan secara alami setiap satu tahun sekali. "Usia sapi mulai dari 18 atau 20 bulan sudah bisa dilakukan proses kawin. Dari proses perkawinan itu, setelah 9 bulan 10 hari, Sapinya akan beranak. Kemudian, untuk proses perkawinan selanjutnya bisa dilakukan setelah 40 hari terhitung dari saat indukan Sapi beranak," ujar Pria asal kecamatan Mentebah ini.

Selama pengembang biakan Sapi-sapi bantuan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, ketua kelompok ternak Mekar Mandiri pun mengaku pihaknya tidak mengalami kendala, untuk masalah pakan selalu cukup. Ia pun mengaku Sapi-sapi yang dipelihara kelompoknya tidak pernah sakit. "Kami belum pernah hadapi masalah Sapi sakit, karena dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perternakan Kabupaten Kapuas Hulu tiap 4 bulan sekali kontrol ke lapangan," ucapnya.

ketua kelompok ternak Mekar Mandiri berharap, kelompok peternak lainnya bisa berhasil dalam mengembang biakan Sapi. Berkerja dengan ulet dan ikuti arahan dari penyuluh akan memberikan hasil yang baik. "Untuk kepala Dinas dan Staff Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perternakan Kabupaten Kapuas Hulu saya juga ucapkan terimakasih atas bimbingannya kepada Mekar Mandiri selama ini," tutupnya. (Yohanes/Dishubkominfo Kab. KH)

Share Post: