Kepala Disnakerintrans Melakukan Sosialisasi Ketenagakerjaan di PT. Riau Agrotama Plantation


Sehubungan dengan berakhirnya Kerjasama pembangunan dan pengelolaan plasma kebun Miau Merah Estate (MME), salah satu kebun Unit Usaha PT. Riau Agrotama Plantation (PT. RAP), bermitra dengan KUD ASMOJA sesuai dengan BA Kesepakatan antara PT. RAP dan KUD ASMOJA tanggal 7 November 2012 yang berakhir sampai dengan Desember 2020, maka pada hari Selasa 299/12/2020 di Desa Miau Merah Kecamatan Silat Hilir PT. RAP-Miau Merah Estate Bersama dengan Disnakerintrans memberikan sosialisasi ketenagakerjaan. 

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Disnakerintrans, Plt Kepala Seksi Perlindungan dan Hubungan Industrial beserta Staf, Jajaran Pejabat PT. RAP, Jajaran Pengurus KUD ASMOJA, dan Para Pekerja.

Drs. H. Iwan Setiawan, M.Si. selaku Kepala Disnakerintrans mengungkapkan bahwa Disnakerintrans ikut turun tangan dalam hal ini karena berkaitan dengan ketenagakerjaan.  Secara otomatis dengan berakhirnya Kerjasama pembangunan dan pengelolaan kebun tersebut maka dampaknya terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap para pekerja. 

Selanjutnya Unit kebun yang awalnya dikelola oleh PT. RAP-Miau Merah Estate akan dilanjutkan pengelolaannya oleh KUD ASMOJA, dengan memberdayakan/merekrut Kembali karyawan (pekerja) yang telah di PHK menjadi pekerja pada KUD ASMOJA bagi para pekerja yang masih berkeinginan untuk bekerja. 

Jadi dengan demikian setelah terjadi PHK pada para pekerja, meraka masih tetap bekerja tetapi di bawah  kendali KUD, dengan jumlah karyawan/pekerja yang dimutasikan adalah 104 orang tenaga kerja panen dan 23 orang tenaga kerja supervise, tutup Iwan (sapaan Kepala Disnakerintrans).  

Share Post: