Jasa Konstruksi Bina Desa Titian Kuala Membuat Beton


PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id  – Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) melalui Bidang Jasa Konstruksi kembali melakukan pembinaan campuran dan pengendalian mutu beton pada Desa Titian Kuala, Kecamatan Selimbau, Jumat (14/8/2020). Tim pembina konstruksi berangkat dari Putussibau menggunakan jalan darat, perjalanan ditempuh selama tiga jam hingga tiba di Kecamatan Selimbau.

Kegiatan Pembinaan campuran dan pengendalian mutu beton dilaksanakan di gedung serba guna milik Des Titian Kuala

Pembinaan beton di Desa Titian Kuala dilaksanakan setelah pihak desa mengirimkan surat permohonan pembinaan ke DPUBMSDA. Kemudian staf Jasa Konstruksi melakukan koordinasi kepada pihak Desa Titian Kuala membicarakan hal apa saja yang perlu dipersiapkan, siapa saja yang perlu dihadirkan dalam kegiatan pembinaan beton. Kegiatan pembinaan beton dilaksanakan di gedung serba guna milik Desa Titian Kuala.

Masyarakat Desa Titian Kuala saat melakukan praktek pencampurran beton

Kegiatan dibuka oleh Kades Titian Kuala, Soptian Hadi. Pihak desa mengucapkan terima kasih karena tim pembina konstruksi mau datang jauh-jauh dari Putussibau ke Selimbau untuk berbagi ilmu kepada masyarakat. “Desa kami pada tahun 2021 akan menggunakan ADD untuk mengecor jalan desa, untuk itu kita harus belajar dari tim pembina konstruksi dari DPUBMSDA”, kata Soptian Hadi.

Setelah dibuka oleh Kades Titian Kuala, presentasi kegiatan pembinaan dilakukan oleh Kabid Jasa Konstruksi Marthen, ST. MT. yang dilakukan dihadapan warga. Beton merupakan campuran dari material semen, batu, pasir dan air. Untuk membuat beton yang berkualitas harus menggunakan batu dengan tingkat abrasi di bawah 40% dan pasir yang harus memiliki kadar lumpur di bawah 5%. “Untuk air yang dicampur harus memiliki nilai slump 6-18 cm, jika di atas 18 cm maka kualitas beton yang dihasilkan akan jauh menurun”, jelas Marthen.

Share Post: