DSPPA Akan Fasilitasi Regenerasi Pembentukan FAD Periode 2022-2023


DSPPA beserta perwakilan Forum Anak Daerah (FAD)Kabupaten Kapuas Hulu melakukan rapat terkait keberlangsungan FAD di Kapuas Hulu, Kamis(14/7/ 2022).

Forum Anak adalah wadah partisipasi anak untuk mendorong keterlibatan anak dalam proses pengambilan keputusan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dirinya dan dilaksanakan atas kesadaran, pemahaman serta kemauan bersama sehingga anak dapat menikmati hasil atau mendapatkan manfaat dari keputusan tersebut. Dalam pertemuan ini akan dibahas mengenai waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan regenerasi FAD Kapuas Hulu serta hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan bersama-sama dengan anggota FAD Kapuas Hulu.

Disampaikan bahwa sebelumnya FAD Kabupaten Kapuas Hulu sudah di bentuk, namun perlu di regenerasi yaitu keanggotaannya mengingat bahwa syarat anggota FAD adalah bukan orang dewasa, melalui pertemuan ini DSPPA Kapuas Hulu akan memfasilitasi kegiatan Regenerasi Pembentukan FAD di Kapuas Hulu bersama dengan anggota FAD.

Pembentukan Forum Anak ini bertujuan sebagai wadah partisipasi anak dalam pembangunan dan pengembangan Kabupaten Kapuas Hulu, wadah aspirasi anak-anak dalam penyampaian pendapat, tempat berkumpul dan berinteraksi, wadah pengembangan kemampuan anak diluar kebutuhan sekolah, sekaligus menjadi penghubung yang dekat dengan pemerintah. Selain itu beliau juga menuturkan bahwa pembentukan Forum Anak juga merupakan indikator dari terwujudnya Kabupaten/Kota Layak Anak di Kapuas Hulu seperti yang tercantum dalam UU Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak serta sebagai tempat dalam berbagai pemenuhan hak anak.

pembentukan Forum Anak sangatlah penting dilakukan dengan harapan kedepan anak-anak menjadi berperan aktif dalam melindungi diri dan lebih sadar terhadap pentingnya melindungi diri. Selain itu, Forum Anak dapat menjadi tempat bagi mereka untuk belajar dan mengembangkan potensi diri. Forum Anak sebagai pelopor adalah anak yang mampu mengajak dan membantu lingkungan sekitarnya ke arah perubahan yang lebih berkemajuan. Forum Anak sebagai pelapor maka para remaja aktif menyampaikan pendapat/pandangan ketika mengalami, melihat atau merasakan tidak terpenuhinya hak dan perlindungan anak. Peran Forum Anak sebagai agen perubahan dan generasi bangsa yang berkemajuan.

The post DSPPA Akan Fasilitasi Regenerasi Pembentukan FAD Periode 2022-2023 appeared first on Info Kapuas Hulu.

Share Post:

BERITA POPULER