DPUBMSDA Melakukan Pengujian Kepadatan Lapangan (Sand Cone Test) Peningkatan Ruas Jalan


PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id  – Tim Pengujian Konstruksi Pada Laboratorium Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu (DPUBMSDA) melakukan Pengujian Sand Cone untuk mengetahui nilai Kepadatan Lapangan pada salah satu pekerjaan yang ada di bidang Bina Marga yaitu Peningkatan Ruas Jalan Na. Boyan – Na. Suruk.

Berdasarkan Surat Tugas dan waktu pelaksanaan pengujian yang telah dibuat oleh DPUBMSDA, Tim Pengujian Konstruksi dijadwalkan melaksanakan pengujian pada tanggal 03 – 04 November 2020. Pengujian dilaksanakan oleh Gusti Aisamuddin, S.T., Valery, S. ST., dan Wisnu Kuncoro Putra, A.Md. selaku Tim Pengujian Konstruksi Pada Laboratorium DPUBMSDA. “Dalam bidang teknik sipil apalagi pada pekerjaan jalan, sering kali dihadapkan dengan masalah kepadatan lapisan tanah dilapangan.

Hal ini sangat krusial mengingat pentingnya kepadatan tanah bagi suatu konstruksi baik itu jalan, bangunan dan pekerjaan konstruksi lainnya. Maka dari itu dilakukanlah pengujian Sand Cone, pengujian ini bertujuan untuk mengetahui nilai Kepadatan dari Lapis Pondasi Agregat Kelas C (LPC) yang ada di lapangan”, tutur Valery.

Tim pengujian sampai di lokasi kegiatan pada hari Selasa tanggal 03 November 2020 dengan kondisi cuaca sangat cerah dan langsung melaksanakan pengujian Sand Cone dengan jumlah pengujian sebanyak 17 titik . “pengujian Sand Cone lapangan berjalan dengan baik karena cuaca sangat mendukung untuk menyelesaikan semua titik yang sesuai permintaan dari pihak pelaksana dan disetujui oleh pihak pengawas dan penanggung jawab dari dinas PUBMSDA” jelas Kasi Pengujian Konstruksi yang biasa disapa Mudin.(11KM).

Share Post: