Dinas Sosial P3A P2 KB Lakukan Monitoring KUBE di Kecamatan Pengkadan


Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu bersama perwakilan Kementrian Sosial RI melakukan monitoring KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Trans Mina Lestari di Dusun Buak Trans Sejahtera Desa Buak Limbang Kecamatan Pengkadan, rabu (4/11/2020).

Monitoring dilakukan untuk melihat langsung kesiapan para kelompok dalam mengelola bantuan KUBE tersebut, serta penggunaan anggarannya. Selain itu juga bisa memberikan masukan dan pengawasan kepada para KUBE dalam mengelola keuangannya harus tepat sasaran agar usaha KUBE sukses sehingga dapat menambah penghasilan, khususnya bagi anggota.

Kegiatan Monitoring dilakukan dengan cara tatap muka/dialog secara langsung di Sekretariat KUBE Trans Mina Lestari sedangkan kegiatan pemantauan usaha dilakukan di Kolam Milik KUBE Trans Mina Lestari yang juga berlokasi di Dusun Buak Trans Sejahtera.

KUBE Trans Mina Lestari  berdiri pada tanggal 23 Agustus 2019 beranggotakan 10 orang dan bergerak dalam usaha Budidaya Ikan Konsumsi yaitu Ikan Nila, Ikan Patin dan Ikan Bawal. Pada tahun 2020 ini KUBE Trans Mina Lestari mendapatkan Bantuan sebesar Rp. 20.000.000. Bantuan tersebut dipergunakan untuk pembelian bibit ikan, umpan ikan dan obat-obatan yang diperlukan.

Fokus pengembangan usaha ke depan dari KUBE Trans Mina Lestari adalah menambah jumlah kolam dan menambah jumlah ikan yang dibudidayakan dengan harapan perputaran usaha dapat lebih baik.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kementrian Sosial RI Kabid Sosial Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas, Camat Pengkadan, Kepala Desa Buak Limbang, Kepala Dusun Buak Trans Sejahtera, Anggota BPD Desa Buak Limbang, Bhabinkamtibmas Polsek Pengkadan, TKSK Kecamatan Pengkadan, Pendamping KUBE.

Share Post: