Camat Suhaid Minta Desa Segera Rekrutmen Calon Anggota BPD


Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Camat Suhaid, Joko Kusmanto SH minta kepala desa segera lakukan rekrutmen calon anggota BPD. Hal tersebut disampaikannya melalui pesan whatsapp kepada anggota KIM Entugan Hulu setelah rapat pembahasan rekrutmen calon angggota BPD di desa Tanjung Harapan yang dihadiri Uspik Suhaid dan Jajarannya, BPD, kepala desa, perangkat desa, dan pendamping desa / lokal desa. Senin (20/7).

”Saya berharap desa dalam wilayah kecamatan suhaid sesegera mungkin melakukan penjaringan dan penyaringan calon anggota BPD yang baru.” Tegasnya.

Mekanisme penjaringan dan penyaringan calon anggota BPD se Kabupaten Kapuas Hulu sudah diatur berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Badan Permusyawaratan Desa.

Pada BAB III KEANGGOTAAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA Paragraf 1 Anggota Badan Permusyawaratan Desa, Pasal 5 berbunyi : (1) Anggota BPD merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan yang pengisiannya dilakukan secara demokratis melalui proses pemilihan secara langsung atau musyawarah perwakilan. (2) Jumlah anggota BPD sebagaimana pada ayat (1) ditetapkan dengan jumlah 5 (lima) orang. (3) Wilayah sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) merupakan wilayah dalam desa seperti wilayah Dusun dan Tetangga (RT). Pasal 6 Pengisian BPD dilakukan melalui: Pengisian anggota BPD berdasarkan keterwakilan wilayah dan rukun tetangga (RT).

Menurut Joko, peraturan tersebut berlaku untuk semua desa. ”Jika kita mengacu pada ketentuan tersebut, ini berlaku untuk semua desa diwilayah kapuas hulu.” Tutupnya.

Fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa. Dari tiga tugas ini sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa.

BPD juga memiliki kekuatan untuk menyampaikan aspirasi warga. Penyampaian aspirasi dilakukan melalui beberapa tahap kerja yakni BPD harus melakukan penggalian aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan ke BPD dan mengelola aspirasi masyarakat sebagai sebuah energi positif dalam merumuskan langkah kebijakan desa.

Share Post: