Bupati Kapuas Hulu Serahkan Bantuan Alat Pertanian, Bibit Ternak dan Mobil


Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu berupaya mendongkrak sektor pertanian dan perternakan. Alat kelengkapan berikut bibit ternak senantiasa diperbantukan bagi para petani di Bumi Uncak Kapuas.

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir, SH menyerahakan langsung bantuan berupa beberapa jenis alat pertanian dan bibit Sapi kepada para perwakilan kelompok Usaha Pelayanan Jasa Alat mesin pertanian (UPJA) dan peternak, Rabu (28/1/2015). Penyerahan tersebut dilakukan Bupati Kapuas Hulu usai menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Ke-58.  "Selain penyaluran bantuan alat mesin tani dan bantuan bibit Sapi bergulir, Pemerintan Kabupaten Kapuas Hulu juga menyerahkan bantuan Mobil lapangan kepada Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Pendapatan Daerah (UPTD Dispemda) Kabupaten Kapuas Hulu," ucapnya.

Adapun bantuan alat pertanian yang diserahkan adalah Mobil penggiling padi sebanyak 3 Unit, Hand Traktor 20 Unit, Transplanter (alat tanam padi) 1 buah, Pompa Air 1 buah, Power Theser 3 buah. Khusus bantuan Mobil penggiling padi diberikan kepada Usaha Pelayanan Jasa Alat (UPJA) desa Kalis Raya Kecamatan Kalis juga desa Ingko Tambe dan Urang Unsa Kecamatan Putussibau Selatan, sementara transplanter hanya diperbantukan bagi Usaha Pelayanan Jasa Alat (UPJA) desa Nanga Tepuai Kecamatan Hulu Gurung. Alat pertanian yang lainnya tersebar ke Usaha Pelayanan Jasa Alat (UPJA) se-Kabupaten Kapuas Hulu. "Saya berharap mesin dan bantuan lain dimanfaatkan sebaik mungkin, sehingga program pertanian di Kabupaten Kapuas Hulu dapat mencapai target yang direncanakan Pemerintah Pusat. Kemudian perkembangan percetakan sawah disini semakin bertambah," tuturnya.

Sehubungan dengan bantuan bibit Sapi bergulir, jelas Bupati Kapuas Hulu, ini adalah bantuan dari kelompok peternak yang telah berhasil mengembangkan Sapi bantuan Pemerintah. Bibit dari hasil perkawinan Sapi tersebut kemudian diserahkan kepada kelompok lain. Untuk kali ini ada 14 ekor bibit Sapi dari kelompok peternak Mekar Mandiri 1 yang diserahkan kepada Mekar Mandiri 2, kedua kelompok ternak ini dari Kecamatan Mentebah. "Saya minta pihak Dinas terkait menjelaskan sistem bantuan bibit Sapi bergulir ini kepada para peternak. Sapi jangan samapai jadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan," tegasnya.

Kepada Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Pendapatan Daerah (UPTD) Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Bupati mengatakan bantuan Mobil tersebut untuk memudahkan oprasional kinerja, sehingga hasil yang digapai dari sisi pajak daerah bisa lebih baik. "Kami berterimakasih karena dari hasil pajak kendaraan yang di bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat setiap tahunnya bisa belasan milyar.  Semoga target kedepan bisa bertambah, baik dari pajak alat berat dan lainnya yang menjadi kewenangan Dinas Pendapatan Daerah," tutup Bupati Kapuas Hulu.

Bantuan yang disalurkan oleh Bupati Kapuas Hulu mendapat apresiasi oleh peternak lokal. Ketua kelompok ternak Mekar Mandiri 2, Imin mengaku pola bantuan bibit Sapi bergilir akan semakin mengembangkan sektor perternakan di Kabupaten Kapuas Hulu. “Kami berterimakasih dengan bantuan bibit Sapi ini, kami berharap ada bimbingan dari Dinas Perternakan, agar kami bisa berhasil seperti kelompok Mekar Mandiri 1,” tuturnya.

Ketua kelompok ternak Mekar Mandiri 2, menegaskan dirinya optimis bibit Sapi yang dikelola kelompok Mekar Mandiri 2 dapat berhasil. Karena lokasi ternak telah tersedia dengan baik, demikian juga ketersedian rumput untuk pakan Sapi masih banyak di Kecamatan Mentebah. “Untuk mengembangkannya kami yakin bisa, masalahnya untuk lokasi dan umpan Sapi masih mudah di Kecamatan Mentebah. Hanya saja agar Sapi tetap sehat dan produktif, kami masih butuh bimbingan,” singkatnya.

Sebelum menyerahkan bantuan ternak, mesin pertanian dan satu unit Mobil,  Bupati Kapuas Hulu terlebih dahulu menginspekturi upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Ke-58. Unsur TNI-Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pelajar menjadi anggota upacara Hari Ulang Tahun Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang bertemakan ‘Masyarakat Kalimantan Barat yang Damai dan Sejahtera’ ini. Hadir pula dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Kapuas Hulu, Rajuliansya S.Pd.I, Wakil Ketua DPRD, Ade M Zulkifli, SAP dan Robertus, SH berikut sebagian anggota DPRD Kapuas Hulu, jajaran Forkompinda Kapuas Hulu dan para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kapuas Hulu. (Yohanes/Dishubkominfo Kab. KH)

Share Post: