Bupati Kapuas Hulu Melantik 74 Kades

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan Kades terpilih masa jabatan 2022-2028 hasil Pilkades serentak tahun 2022, berlangsung di Gedung DPRD Kapuas Hulu, Rabu (5/10/2022). Ada 74 kepala desa yang dilakukan pelantikan oleh Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dalam kesempatan itu.

Bupati Kapuas Hulu menegaskan bahwa tahapan pilkades serentak 2022 sudah selesai dilaksanakan, semua berjalan aman dan lancar. Ini tentunya karena dukungan semua pihak, baik itu penyelenggara, TNI Polri dan para tokoh masyarakat.
“Sebagai Kades terpilih, kalian jadi ujung tombak dalam pemerintahan. Kades dituntut berwawasan lebih,” tegas Bupati.

Bupati menuturkan agar Kades harus dibantu masyarakat dalam menyelenggarakan otonomi desa sehingga mensejahterakan masyarakat itu sendiri. Kades juga harus komitmen mendukung pembangunan Pemda Kapuas Hulu yakni menuju Kapuas Hulu Hebat.
“Desa saat ini diberikan kesempatan besar untuk tata pemerintahan sendiri. Dalam jalankan roda pemerintahan tingkat desa, Kades harus lakukan layanan cepat tepat dan responsif,” ucapnya.

Kades dituntut mampu memberdayakan sumber daya yang ada, eksplorasi SDM dan sumberdaya alam secara bijak. Kades juga harus kreatif dan inovatif dalam kearifan lokal agar mendongkrak ekonomi masyarakat.
“Kades terpilih harus segera eratkan kembali masyarakat,” ucapnya.

Kades pelayan masyarakat, sebab itu harus mengakomodir kepentingan seluruhnya. Lakukan kegiatan sanitasi pendampingan ibu hamil untuk cegah stunting. “Lakukan juga program kemandirian pangan di desa,” pesan Bupati.

Selanjutnya Bupati mengingatkan agar Kades dan aparatur desa melaksanakan Dana Desa secara transparan dan baik. Hindari penyalahgunaan wewenang yang bisa tersangkut hukum.
“Berdayakan perempuan di desa dan libatkan Badan Permusyawaratan Desa dalam kebijakan pemerintahan desa. Jadilah pemimpin yang baik,” ujarnya.

Bupati mengarahkan para Kades untuk aktif berkonsultasi dengan camat apabila ada persoalan. “Dari hal kecil yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh akan bangun kepercayaan masyarakat pada pemerintah di desa,” tutur Bupati.

Kepada Kades sebelumnya, Bupati menyampaikan apresiasi atas dedikasinya membangun desa. Kegiatan pelantikan kades terpilih tahun 2022 ini turut disaksikan Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi, jajaran Forkopimda Kapuas Hulu, Sekda Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini, Ketua TP PKK Kapuas Hulu, Angeline Fremalco serta jajaran Kepala OPD Kapuas Hulu. (Yohanes)

The post Bupati Kapuas Hulu Melantik 74 Kades appeared first on Info Kapuas Hulu.

Share Post:

BERITA POPULER