Bupati Himbau Warga Terapkan Physical Distancing


Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH bersama jajaran Forkompinda dan gugus tugas penanggulangan Coronavirus Disease (Covid-19) setempat turun ke sejumlah lokasi publik di kota Putussibau ,Selasa (24/3/20). Rombongan Bupati yang tampak dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker ini melakukan himbauan kepada masyarakat untuk menerapkan kebijakan pemerintah berupa social distancing atau physical distancing, yaitu tetap tinggal dirumah dan jangan keluar apabila tidak ada hal yang sangat penting.

Bupati mengatakan, kegiatan himbauan tersebut dilakukan pihaknya sebagai salah satu upayah mencegah mewabahnya virus corona. Pemerintah menginginkan warga benar-benar menerapkan physical distancing, untuk kepentingkan keselamatan bersama. “Jadi saya tekankan agar warga di Kapuas Hulu tetap berada dirumah saja, jaga jarak jika berinterakasi dan tetap lakukan perilaku bersih dan sehat,” tegasnya.

Selanjutnya setelah himbauan ini akan ada langkah tegas agar masyarakat tidak melakukan kumpul-kumpul. Hal ini penting dan harus dilakukan untuk kepentingan masyarakat banyak. “Kita tutup semua aktifitas yang bersifat mengumpulkan massa, ini harus dilakukan untuk kepentingan bersama,” ucapnya.

Bupati menegaskan masyarakat juga harus membantu pemerintah dan instansi yang ada. Utama dengan mengikuti seluruh arahan Pemerintah. “Kita tentu sulit bekerja mengatasi permasalahan apabila masyarakat kurang kesadarannya,” ujarnya.

Kemudian, Bupati juga mengajak agar masyarakat turut memantau kesehatan diri serta warga lain yang baru datang dari luar Kapuas Hulu. Apabila ada gangguan kesehatan atau sakit segera arahkan warga tersebut untuk berobat ke Puskesmas atau hubungi pihak Dinas Kesehatan. “Kita harus aktif memantau mereka yang baru datang dari luar daerah,” tuntasnya. (yohanes)

Share Post: