Anggota DPRD Hadiri Penyerahan Sertifikat Gratis Untuk Masyarakat Kapuas Hulu


BPN Kapuas Hulu menggelar Acara Penyerahan sertifikat tanah gratis untuk rakyat Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia di Kapuas Hulu secara virtual, acara digelar di Hotel Banana Putussibau yang dihadiri langsung oleh Bupati Kapuas Hulu A.M Nasir, S.H, Kapolres Kapuas Hulu, Dandim 1206/Psb, Sekretaris Komisi C H.Syamsudin (mewakili Ketua DPRD) serta Forkopimda lainnya. Penyerahan sertifikat pun jumlahnya dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan Covid – 19. (05/01/2021)

Kepala BPN Kapuas Hulu mengatakan, pada tahun 2020 pihaknya menyelesaikan sertifikasi tanah sebanyak 7.885 bidang yang terdiri dari redistribusi tanah sebanyak 7.485 bidang dan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 400 bidang. 

“Sertifikat tanah gratis ini sebenarnya sudah lama jadi dan baru kita serahkan hari ini karena menunggu instruksi dari Kementerian ATR terkait penyerahan secara simbolis mesti dilakukan Presiden”, ungkap Kepala BPN

Kepala BPN berharap, “Tentunya dengan adanya sertifikat tanah ini, masyarakat sudah mempunyai jaminan dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian mereka. Dimana mereka sudah bisa meng-agunkan sertifikat mereka ke Bank untuk kegiatan usaha mereka. Namun juga perlu perhitungan jangan sampai salah langkah,” ujarnya. 

“Jumlah bidang tanah yang diberikan kepada kami untuk diselesaikan tahun ini hanya 3 ribu lebih,” ucapnya. 

Sementara itu Bupati Kapuas Hulu AM Nasir mengatakan, program sertifikasi tanah yang dilakukan oleh Kementerian ATR melalui BPN ini sangat membantu masyarakat. 

“Program ini sangat membantu masyarakat, karena ada kepastian hukum. Selama ini masyarakat hanya mengacu saja memiliki tanah dan tidak dibuktikan dengan sertifikat,” ujarnya. 

Bupati mengungkapkan dengan adanya sertifikat tanah yang dimiliki masyarakat, tentunya manfaatnya sangat besar bagi menunjang perekonomian mereka. “Paling tidak masyarakat bisa membuka usaha dengan menjaminkan sertifikat tanahnya ke Bank,” tutur Bupati.

Share Post: