Wakil Bupati Buka Kegiatan Sosialisasi Belanja Mudah Pengadaan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu

Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu mengikuti Kegiatan Sosialisasi Belanja Mudah Pengadaan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu di Aula Bappeda Putussibau, Selasa (20/09/2022).

Peserta yang hadir pada kegiatan sosialisasi ini dari Dinas Perikanan adalah langsung dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Perikanan Triwati, S.P., M.Si., Kabid Kelembagaan dan Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (KPTPI) Sukiman S.Pi., M.Si., Kabid Perikanan Budidaya Abang Zulkifli, S.Pi., M.Si., dan Perwakilan dari Bidang Perikanan Tangkap.

Pada acara tersebut kegiatan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, ST. Wakil Bupati Kapuas Hulu menyampaikan bahwa saat ini merupakan tahun ke dua diberlakukannya Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan Peraturan Presdien Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

“Salah satu amanat dalam Perpres ini adalah peningkatan modernisasi pengadaan barang atau jasa yaitu terbentuknya sistem layanan transaksi melalui e-marketplace,” ujarnya.

Wabub juga menyampaikan bahwa UKPBJ sebagai pusat barang atau jasa pemerintah tidak hanya memastikan tersedianya barang atau jasa sesuai dengan yang dibutuhkan, namun juga memiliki peran yang lebih luas yaitu UKPBJ harus berperan dalam peningkatan pelayanan publik, pengembangan ekonomi nasional dan daerah, pemanfaatan produksi dalam negeri, serta meningkatkan peran serta UMKM dan pengembangan ekonomi kreatif.

Peningkatan modernisasi layanan transaksi merupakan strategi dalam rangka perbaikan sistem pengadaan barang atau jasa agar dapat berjalan dengan cepat, mudah, tidak berbelit-belit, memberikan value for money serta mudah dikontrol dan diawasi.

Wahyudi berharap dapat menghentikan atau mencegah perilaku korupsi, memperbaiki kualitas layanan publik, mengembangkan perekonomian lokal dan meningkatkan persaingan usaha yang sehat dan berkeadilan. Dalam Perpres ini juga menekankan, dalam rangka mewujudkan value for money, maka perencanaan pengadaan memegang peranan yang sangat penting.

Karena proses pengadaan yang tidak direncanakan dengan baik akan berakhir pada permasalahan hukum dan berpotensi menjadi temuan auditor atau APH, tegasnya. (Andi)

The post Wakil Bupati Buka Kegiatan Sosialisasi Belanja Mudah Pengadaan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu appeared first on Info Kapuas Hulu.

Share Post: