Wabup Minta Pemdes Dan BPD Prioritas Pemberdayaan Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

SUHAID. Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, ST melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Suhaid, yaitu Desa Nanga Suhaid, Kamis (1/4/2021).

Kunjungan tersebut bertujuan meninjau Koperasi Unit Desa ( KUD ) Karya Jaya yang berdiri di wilayah desa nanga suhaid, dimana bangunan koperasi ini sudah tidak layak digunakan.

Dalam sambutannya, Camat Suhaid, Joko Kusmanto, SH, mengatakan bahwa Kunjungan Kerja Wakil Bupati bisa menjadi menjadi langkah awal Pemerintah Kecamatan Suhaid khususnya Desa Nanga Suhaid dalam mendukung Visi Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu.

”Atas nama masyarakat Kecamatan Suhaid, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wakil Bupati beserta rombongan yang telah hadir dikecamatan suhaid dalam rangka memenuhi undangan kami dalam kegiatan pembongkaran KUD, beberapa program Kecamatan Suhaid yaitu Desa Nanga Suhaid dalam rangka mendukung Visi dari Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu yaitu membangun dari pinggiran hingga menuju kapuas hulu Hebat.”

Tambah Joko, ”Kami juga berharap Wabup berkenan mengunjungi peternakan ayam yang dikelola oleh masyarakat desa nanga suhaid yang bekerjasama dengan PT Kartika Prima Cipta ( KPC ) dalam program CRS nya perusahaan, serta dalam membangun generasi muda yang lebih agamis masyarakat Kecamatan Suhaid yang melibatkan semua desa di ibu kota kecataman pada tahun ini mempunyai program pembangunan pondok pesantren.”

Dalam Sambutannya, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, ST berharap Pemerintah Desa Bersama BPD bersinergi meningkatkan pemberdayaan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

”Kami mendukung pembongkaran Koperasi Unit Desa Karya Jaya ini karena bangunan yang sudah sangat memprihatinkan, sangat berisiko bagi keamanan masyarakat, khususnya warga yang berada dekat dengan KUD ini. Dan kami juga mendengar bahwa nantinya setelah dilakukan pembongkaran akan dibangun kembali dengan peruntukan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ).

Wabup juga sangat mendukung karena hal tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. “dampak dari keberhasilan Bumdes akan kembali ke masyarakat, contohnya desa Titian Kuala melalui Bumdes bisa melaksanakan sunatan massal, ini sudah membantu masyarakat, maka kami berharap Pemerintah Desa dan BPD lebih meningkatkan  pemberdayaan masyarakat dari pada pembangunan fisik.”

Kegiatan dilanjutkan mengunjungi peternakan ayam, lokasi pondok pesantren, dan beberapa tempat lainnya di beberapa desa.

Share Post: