Upaya Pencegahan Karhutla di Kecamatan Suhaid, Berikut Harapan Uspika Suhaid


Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Suhaid. Mengantisipasi dampak negatif pada lingkungan, pada saat musim kemarau, Unsur Muspika Kecamatan Suhaid menggelar Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla ) dalam wilayah Kecamatan Suhaid, yang diikuti oleh PT KPC, TNDS, Manggala Agni, Kepala KUA, Kepala Desa Se Kecamatan Suhaid, Kadarkum, Tim Reaksi Cepat ( TRC), Tokoh adat dan Tokoh Masyarakat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Polsek suhaid, kecamatan Suhaid, Jum’at 05/03/2021.

Dalam kesempatan itu, Camat Suhaid, Joko Kusmanto, S.H., mengatakan kegiatan tersebut tidak hanya sebagai upaya pencegahan, tapi dibutuhkan komitmen bersama dalam pencegahan karhutla.

” Sehubungan dengan kegiatan rakor pada hari ini terkait pencegahan dan penanggulangan karhutla yang dilaksanakan di Polsek Suhaid maka dapat disampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari FGD  karhutla yg dilaksanakan di Putussibau.

Kegiatan ini kita laksanakan guna menyingkapi dan mengambil langkah langkah dalam upaya cegah tangkal karhutla khususnya di kecamatan suhaid. Langkah yang kita ambil ini agar semua pihak baik dari tingkat desa sampai ke tingkat kecamatan dapat bersinergi, berkolaborasi dan berkomitmen untuk memberikan edukasi, sosialisasi dan pada akhirnya mengambil langkah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan dengan cara membangun kesepakatan dengan masyarakat terhadap pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Setiap tahun pada saat peralihan musim maka kebakaran lahan dapat dikatakan pasti terjadi baik di pesisir sungai / danau maupun pada lokasi pembukaan lahan, dan kebakaran tersebut hampir 90% akibat kelalaian manusia, Kita berharap dengan ada rakor ini akan terbangun komitmen dari pemerintahan desa dan masyarat, pihak perkebunan, dan pemerintah kecamatan dalam hal ini semua unsur yang ada didalamnya untuk secara bersama berupaya agar pada tahun 2021 program Menuju Langit Biru dapat tercapai khususnya di Kecamatan Suhaid dan masyarakat petani dapat melaksanakan aktivitas membuka lahan dengan lebih memperhatikan faktor keamanan lingkungan dan lainnya.” Jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Kapolsek Suhaid, Iptu Dayan berharap kepada masyarakat untuk bersama sama mencegah dan menanggulangi karhutla.

” Kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang dilaksanakan oleh Bapak Kapolres di Putussibau kemarin, intinya seluruh masyarakat bagaimana menyikapi masalah pembakaran lahan dan kebun, karena kita melihat di wilayah kita khususnya di Kecamatan Suhaid sudah ada titik api yg mungkin itu kelalaian dari masyarakat, namun kami mengharapkan untuk semua pihak bersama-sama bagaimana mencegah membuka lahan cara membakar, makanya kami melakukan koordinasi ini yang di prakarsai Bapak camat dan tentunya kami dari polsek menindaklanjuti karena ini menjadi atensi dari pemerintah maupun pimpinan-pimpinan lainnya, jadi saya harapkan seluruh masyarakat khususnya kecamatan suhaid menyikapi dan bersama – sama mencegah menanggulangi kebakaran lahan di area lingkungan polsek suhaid maupun di kecamatan suhaid”

Share Post: