Tim SAKIP Dinas Perikanan Presentasi Satu Data Perikanan dihadapan Tim Inspektorat Kapuas Hulu

Setelah melakukan presentasi kegiatan review SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah) Dinas Perikanan tahun 2020 pada Kamis 8 April 2021 di aula Dinas Perikanan, kini Tim SAKIP melakukan presentasi Kembali di aula Insptektorat Kabupaten Kapuas Hulu (19/4/2021). Pada presentsi kedua ini, Dinas Perikanan menindaklanjuti hasil review untuk memaparkan cara pengambilan dan perhitungan serta metoda pengambilan sampel pada Indikator Utama (IKU) Dinas Perikanan pada tahun 2019/2020.

Disampaikan oleh  Sekretaris Dinas Perikanan Triwati,S.P.,M.Si. didampingi Kasubag Program dan Tim One Data dari Dinas Perikanan dihadapan Tim SAKIP Kabupaten dalam hal ini Irban III Inspektorat. Tri memaparkan kegiatan pengambilan data oleh tim one data Dinas Perikanan tahun 2020. Kegiatan dimulai dari pra kegiatan seperti pembentukan tim one data, pembagian wilayah yang akan di survey dan meyiapkan formulir yang akan di isi oleh petugas di lapangan. Kemudian tim yang ditugaskan akan melakukan wawancara dan observasi kepada nelayan, pembudidaya dan pengolah sesuai dengan wilayah masing-masing.

Selanjutnya data hasil lapangan diserahkan ke tim pengolah data yang ada di Dinas Perikanan. Data yang sudah diolah di verifikasi oleh bidang dan validator pada Dinas Perikanan kemudian di input dalam aplikasi one data Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Setelah di input ke dalam aplikasi, akan diverifikasi oleh tim Provinsi dan Pusat. Untuk validasi Provinsi biasanya tim akan dipanggil oleh tim Provinisi untuk hadir Bersama-bersama di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi.

Dalam penyampaiannya Triwati menyampaikan kendala yang hadapi pada tahun 2020 yakni pandemic Covid-19 dan refocusing anggaran tahun 2020. Hal ini menyebabkan pengambilan sampel harus diturunkan dengan  menyesuaikan anggaran yang ada. Alhasil pada tahun 2020 tim dapat melakukan pendataan pada 5 Kecamatan 16 Desa yang diambil oleh Tim yang mewakili nelayan, pembudidaya dan pengolah. Tapi bersyukur tahun ini meski ada kendala, target 3 sasaran tersebut tercapai semua. Bahkan ada yang melebihi target yang ditetapkan. Dan juga semua rekomendasi yang diberikan tahun 2019 sudah terpenuhi pada tahun 2020.

Setelah melakukan tanyajawab dengan tim SAKIP Kabupaten dan dijawab oleh tim SAKIP Dinas Perikanan, kegiatan berakhir hingga pukul 15.00 WIB. Sebelum ditutup, Inspektur Pembantu Wilayah III Bapak Hendri S.Sos M.Si menyampaikan berterima kasih kepada tim SAKIP Dinas Perikanan yang sudah hadir memenuhi undangan ke kantor Inspektorat siang ini. Ada beberapa hal yang disampaikan Hendri seperti presentasi Dinas Perikanan sudah representativ. Hasilnya sudah sangat baik dalam hal pengambilan data dan pengolahan data serta data yang disajikan seusai dengan apa yang dipaparkan. Akan tetapi untuk perbaikan kedepan Hendri berharap dibuat SOP dalam pengelolaan data pada Dinas Perikanan, sehingga alur dalam pengelolaan data bisa lebih jelas lagi serta perlu Kerjasama internal di Dinas Perikanan untuk perbaikan-perbaikan kedepan.

Share Post: