Satpol PP Latih 20 Orang Satlinmas


Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kapuas Hulu Mengelar acara pelatihan bagi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, yang dilaksanakan di Putussibau Utara, Senin (12/4/2021).

Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas Personil Satpol PP Dan Satlinmas Kapuas Hulu, Yosef Jasman, mengatakan bahwa pihaknya mengadakan pelatihan terhadap Satlinmas secara terbatas sebab masih pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Hanya dua kecamatan saja mengikuti pelatihan, dari 23 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan secara bertahap, untuk sementara dua kecamatan yang ada. Sedangkan jumblah peserta yang hadir sebanyak 20 orang karena mengingat juga tempat yang terbatas,” ucapnya.

Jasman juga menyampaikan, dengan adanya pelatihan ini tentunya Satlinmas yang berada di desa – desa, itu tidak merasa tidak ada induknya, akan tetapi mereka ada induknya, ada lembaga nya, serta ada payung hukumnya, yang menaungi kelembagaan mereka.

“Untuk sementara markas mereka bertempat di Satpol PP Kapuas Hulu,” katanya.

Pelatihan tersebut, kata Jasman, fokuskan kepada beberapa hal, mulai dari peningkatkan pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap perilaku dari anggota Satlinmas. Kemudian upaya peningkatkan kepekaan sensitivitas Satlinmas, terhadap isu – isu aktual yang sedang berkembang.

“Terutama tentang ada ideologi liar, yang berpotensi memprovokasi, mendoktrinisasi, menyesatkan masyarakat, sehingga timbul berbagai gangguan keamanan yang yang ada di daerah masing-masing,” ucapnya.

Jasman juga menyampaikan, kalau mereka mengetahui ada indikasi – indikasi aktivitas yang dianggap berpotensi membuat kekacauan di masyarakat, mereka harus segera menyampaikan nya kepada pihak berwajib.

“Entah itu melalui Satpol PP ataupun langsung ke pihak kepolisian,” ucapnya.

Jasman mengharapkan dengan adanya pelatihan ini, Satlinmas yang telah dilatih bisa lebih peka, lebih sensitif, maju dan makin berkembang dalam menciptakan wilayah yang aman dan kondusif, Itu yang mau kita bangun dari kondisi – kondisi di sekitarnya.

“Selain itu mareka juga harus membantu meminimalisir pandemi Covid-19, mengawasi orang yang keluar masuk ke daerah mareka, sehingga hal – hal yang buruk Diluar, tidak terjadi di daerah nya,” tuntasnya. (yohanes)

Share Post: