Sampaikan Mekanisme Pengawasa Kordiv PHL Bawaslu Kunjungi Panwascam Suhaid


Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Kapuas Hulu. Kordiv PHL Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Barat dan Kordiv PHL Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapuas Hulu kunjungi Panwascam Suhaid pada Kamis (16/7/2020). Kunjungan ini dihadiri oleh Komisioner Panwascam Suhaid, Kepala Sekretariat, Staf dan PPDK.

Kunjungan tersebut dalam rangka Bawaslu Provinsi Kalbar dan Bawaslu Kapuas Hulu melaksanakan monitoring penguatan kapasitas pencegahan dan pengawasan Panwascam Suhaid menjelang pengawasan coklit serentak pada tanggal 18 Juli 2020 dikapuas hulu pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu tahun 2020.

”Momen pemilihan kepala daerah pada tahun 2020 pada pemilihan Bupati dan Wabup ini, kami pihak Bawaslu Kalbar mengharapkan agar Jajaran Panwascam mempunyai semangat yang kuat untuk mengawasi proses setiap tahapan Pilkada.” Ungkap Kordiv PHL Bawaslu Kalbar, Faisal Riza ST, MH.

Selain itu, Faisal menuturkan bahwa dalam tahapan coklit dibutuhkan strategi terkonsep. “Tentunya kita pahami bahwa pengawasan tahapan pilkada adalah pengawasan melekat, namun perlu teman – teman ketahui bahwa dengan keterbatasan SDM kita yang berbeda dengan jumlah PPDP yang akan melakukan coklit nantinya, maka dibutuhkan strategi yang terkonsep, artinya tidak akan ada hambatan dalam pengawasan jika semuanya telah kita konsep sedemikian rupa, baik itu pada panwascam maupun sampai PPKD, harus dengan konsep.” Tuturnya.

Hal senada disampaikan oleh Kordiv PHL Bawaslu Kapuas Hulu, Haidir, berharap agar Panwascam dan PPKD dapat bekerja menjalankan segala tahapan pilkada yang telah mulai berjalan dengan tidak melenceng dari tugas dan tupoksinya.

”Semoga apa yang menjadi arahan ini dapat terlaksana sebagaimana mestinya, maksimalkan pencegahan dan selalu menjaga kesehatan serta gunakan APD yang telah diberikan, terlebih dalam setiap melaksanakan pengawasan.” Tutupnya.

Share Post: