RSUD Semitau Gelar Pelatihan PPI

Konsep Dasar Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Perlu dipahami oleh seluruh karyawan rumah sakit, dimana wilayah kerja PPI itu sendiri adalah di seluruh area rumah sakit yang targetnya petugas, staf, pasien, pengunjung dan keluarga pasien.

Memandang penting hal tersebut, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Semitau Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan pelatihan PPI di Aula pertemuan RSUD setempat. Kegiatan tersebut dimulai sejak tanggal 27 – 30 Juli 2020, yang diikuti perawat, dokter dan tenaga kesehatan lainnya.

Direktur RSUD Semitau dr.Yuliana Tjawan¬† mengungkapkan tujuan dilaksanakannya kegiatan pelatihan PPI itu diantaranya untuk mengetahui pedoman manajerial pencegahan infeksi. “Kemudian bertujuan pula untuk mengetahui prinsip-prinsip pencegahan infeksi,” ucapnya.

Dikatakan dr. Yuliana, melalui pelatihan tersebut juga diharapkan mampu melakukan pemrosesan alat  atau perlengkapan yang ada.

“Selanjutnya betujuan untuk mampu menerapkan kewaspadaan baku, mengetahui peran dan fungsi IPCN, mampu melakukan surveilan, mampu menerapkan isolasi ketat,” paparnya.

Berikutnya tambah Direktur RSDU Semitau, mampu melakukan sterilisasi dan disinfeksi, kemudian mengetahui pengelolaan limbah rumah sakit dan mampu melakukan penatalaksanaan dan evaluasi PPI di rumah sakit. “Jadi pada intinya, kita terus mendorong dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan dan tenaga kesehatan rumah sakit lainnya dalam pengendalian infeksi di rumah sakit,” tuntasnya

Share Post: