RAPAT KERJA VIA TELECONFERENCE PEMERINTAH KABUPATEN KAPUAS HULU BERSAMA BNN


Pemkab Kapuas Hulu dan Badan Narkotika Nasional melakukan teleconference dalam membahas masalah Kratom di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (25/6). 

Teleconference yang  dihadiri langsung oleh Bupati Kapuas Hulu A.M Nasir, S.H, Wakil Bupati Antonius L.Ain Pamero, S.H , Ketua DPRD Kapuas Hulu Kuswandi, Kapolres, Dandim 1206/PSB,  Pengusaha dan Petani Kratom tersebut belum menemukan titik terang. Hanya tetap menunggu hasil penelitian tentang Kratom ini apakah mengandung zat narkoba atau tidak.  

Namun dari hasil teleconference antara BNN dan Pemkab Kapuas Hulu, dari BNN memberikan kesempatan kepada masyarakat penggunaan daun kratom ini hingga tahun 2024. 

“Dari apa yang disampaikan BNN itu dikatakan jika Kratom masuk dalam kategori 13 lebih berbahaya dari Narkotika. Namun kita inikan perlu regulasinya,” kata Bupati. 

Bupati mengungkapkan, sebenarnya pembahasan masalah kratom ini sudah pernah dibahas bersama Moldoko Kepala Staf Kepresidenan belum lama ini, saat itu dihadiri oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu. “Pembahasan Kratom ini sudah level atas yakni di Kementrian, disinilah baru ada hasilnya apakah Kratom ini dilarang atau tidak,” tuturnya. 

Sementara itu Rajuliansyah Wakil Ketua Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (KOPRABUH) Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan, dari asosiasi tetap kompak jika Kratom ini tetap tidak dilarang. “Kenapa kita ngotot Kratom ini tidak dilarang, karena ada tiga pertimbangan mulai dari sisi ekonomi, sosial dan kesehatan,” ujar mantan Ketua DPRD Kapuas Hulu ini.

Untuk itu Rajuliansyah tetap menghimbau bagi masyarakat yang sudah menanam Kratom tetap dilanjutkan selama regulasi mengenai Kratom ini belum ada. “Kita lihat dan tunggu saja apakah 2024 nanti sudah ada hasil penelitian Kratom ini,” pungkasnya.

Wakil Bupati juga mengatakan pelarangan harus menyimpulkan berdasarkan penelitian yang jelas dan tidak kontradiksi di satu kementrian dalam pernyataan dan hasil survei masalah pelarangan kratom.

Share Post: