Puskesmas Suhaid Sasar Pembinaan SBH Madrasah Aliyah


Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

SUHAID. Puskesmas Suhaid mengadakan Pembinaan Saka Bakti Husada (SBH) Kecamatan Suhaid, di Madrasah Aliyah Al Muttaqien, jum’at (01/2021) Kegiatan dilakukan di ruang kelas dan halaman sekolah yang melibatkan siswa sebanyak 31 orang dengan narasumber Edi Wahyudi Amd,Kep dan TM Syaiful Zulqhina SKM.

”Kali ini sasaran kami adalah anggota Saka Bakti Husada adalah sekolah MA Al-Muttaqien Kecamatan Suhaid, yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari kelas X diwakili 6 orang, kelas XI diwakili 18 orang, dan kelas XII diwakili 7 orang.” Jelas Edi Wahyudi Amd, Kep kepada KIM Entugan Hulu.

Edi menambahkan bahwa Tema kegiatan tersebut tentang Penerapan dan Disiplin Prokes di masa Pandemi Covid 19.

”Maksud dan tujuan kegiatan pembinaan Saka Bakti Husada adalah untuk memberikan pemahaman dan kesadaran untuk disiplin kepada Semua anggota Saka Bakti Husada tentang pentingnya menerapkan dan disiplin Prokes /3 M.” tambahnya.

Akibat virus corona masuk ke Indonesia, pemerintah hingga Kementerian Kesehatan terus mengimbau masyarakat untuk hidup sehat dan menjaga kebersihan. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), salah satu program khusus dari pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Saat pandemi ini, program PHBS perlu dilakukan untuk mencegah virus corona masuk dalam tubuh kita. Berdasarkan laman Kementrian Kesehatan, PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat di respon oleh anggota SBH dan sebagai penutup kita lakukan diskusi dengan beberapa pertanyaan seputar PHBS dan Covid 19.” Tutup Edi.

Share Post: