Program Inovasi Puskesmas Suhaid


Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Puskesmas Kecamatan Suhaid mengadakan kegiatan Program Inovasi Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga yang dilaksanakan di gedung pertemuan Desa Kecamatan Suhaid, dan pesertanya dari lansia dan yang terjaring sebagai penderita penyakit hipertensi.Senin, 23/11/2020.

Menurut kepala puskesmas suhaid, Muhammad Hidayat, kegiatan tersebut dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pemeriksaan, pemberian obat dan tindak lanjut akhir.

” Berdasarkan data yang di peroleh pihak puskesmas pada tahap pertama ditemukan yang paling dominan di derita oleh masyarakat khususnya desa nanga suhaid  adalah penyakit hipertensi. kemudian pada minggu kedua kami memberikan obat, dan hari ini merupakan tindak lanjut pemeriksaan. ” Ungkapnya.

Hidayat melanjutkan, ” setelah dilakukannya intervensi  tiga kali, diharapkan masyarakat sudah bisa mengatasi sendiri masalah hipertensi, dengan cara melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin dan berkala, minum obat secara teratur, dan menjaga atau menghindari makan-makanan yang dapat mempengaruhi tekanan darah. Termasuk kebiasaan merokok, kurang olah raga dan kurang melakukan kegiatan lainnya. Selain melakukan intervensi, mereka juga tidak lupa mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu taat dan patuh pada protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19.
Mereka juga memberikan contoh gerakan-gerakan senam yang bisa diterapkan oleh masyarakat di rumah.

Kegiatan intervensi penyakit hipertensi ini dilakukan khusus untuk masyarakat desa nanga suhaid.

Share Post: