Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta menggunakan APD, Bidang Jakon DPUPR terus himbau para pelaksana dan pekerja konstruksi.


PUTUSSIBAU –Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) menjadi bagian penting dalam setiap pekerjaan konstruksi. Untuk itu Bidang Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Kapuas Hulu melakukan kegiatan monitoring Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Paket Pekerjaan Pembangunan Jembatan Gantung Sungai Semangit Desa Martadana. Kecamatan Pengkadan, pada hari Kamis (6/10/2022).

“Kami dari pihak Dinas PUPR, Bidang Jakon khususnya terus bergerak melakukan kegiatan monitoring. Maksud dan tujuan kami melakukan monitoring yaitu untuk memantau, juga terus menghimbau para pekerja dan pihak pelaksana untuk menerapkan manajemen K3 dan menggunakan APD secara benar sesuai fungsinya”, ujar H. Daud selaku Pembina Jasa Konstruksi Ahli Muda Sub Koordinator Pemberdayaan dan Pengawasan yang merupakan  salah satu tim monitoring.

Fungsi Manajemen K3 yaitu untuk mengurangi jam kerja yang hilang akibat kecelakaan kerja, menghindari kerugian material dan jiwa akibat kecelakaan kerja dan menciptakan tempat kerja yang aman dan nyaman dalam melaksanakan kerja. Adapun penerapannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja (PAK), kebakaran, peledakan dan pencemaran lingkungan. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan jasmani maupun rohani tenaga kerja khususnya. Monitoring K3 didampingi oleh pihak Penyedia Jasa.

Tujuan K3 tidak hanya untuk memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja agar terjamin keselamatannya, tetapi juga untuk mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset dan sumber produksi sehingga dapat dipergunakan secara aman dan efisien agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Perlindungan K3 yang efektif dan efisien dapat mendorong produktivitas jika dilaksanakan dan diterapkan melalui sistem manajemen K3.

“Dari awal persiapan hingga dimulainya pekerjaan kami terus memantau dan mengingatkan para pekerja untuk selalu berhati-hati di dalam bekerja dan selalu menggunakan APD sesuai dengan fungsinya” ujar salah satu perwakilan pelaksana yang kami wawancarai.(ed)

Monitoring K3 Poto bersama pekerja, perwakilan dan tim monitoring K3

Monitoring K3Saat melakukan Monitoring K3 pada Paket Pekerjaan Pembangunan Jembatan Gantung Sungai Semangit Desa Martadana Kecamatan Pengkadan

The post Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta menggunakan APD, Bidang Jakon DPUPR terus himbau para pelaksana dan pekerja konstruksi. appeared first on Info Kapuas Hulu.

Share Post: