Nakes Puskesmas Semitau Bina Kader Posyandu Desa Semitau Hilir

Dalam rangka mengoptimalkan pelayanan Posyandu, peran dan fungsi seorang Kader kesehatan sangat penting. Para kader kesehatan yang berkerja di pedesaan membutuhkan pembinaan atau pelatihan dalam rangka menghadapi tugas-tugas mereka dan masalah yang dihadapi mereka. Untuk itu Puskesmas Semitau pembinaan kader Posyandu dilaksanakan di Posyandu Tanjung, Kompi C Desa Semitau Hilir Kecmatan Semitau Kabupaten Kapuas Hulu, (6/4/2021).

“Pembinaan Kader Posyandu ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan kader Posyandu bayi balita dalam melakukan Sistem 5 meja, yakni Pendaftaran, penimbangan dan pengukuran, pengisian KMS, Penyuluhan serta membuat sistem informasi posyandu (SIP),” kata Kepala Puskesmas Semitau, Saleh A.Md.Kep.

Pada pembinaan tersebut, Kader juga diajarkan untuk melakukan penyuluhan dan langkah cuci tangan pakai sabun. Hal ini penting dilaksanakan untuk mengingatkan masyarakat agar senantiasa menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat.

Pembinaan Kader Posyandu Desa Semitau Hilir tersebut dilaksanakan oleh penanggungjawab kegiatan dari Puskesmas Semitau yakni M. Zamhur, A.Md.Gizi dan Mei Bobihu, SKM. Hadir 6 orang Kader Posyandu Tanjung (Kompi C).

Diharapkan pula Kader semakin mengerti dan memahami mengenai cara penimbangan, pengukuran pelaporan yg baik dan sesuai dengan standar SIP, dan mampu meningkatkan penyuluhan perorangan.

“Dengan demikian kita bisa menghasilkan data yang akurat terhadap perkembangan status gizi bayi balita yang kita layani,” kata Kapus.

Kegiatan pembinaan kader Posyandu Desa Semitau Hilir itu dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan 5 M.

Share Post: