Nakes Puskesmas Empanang Laksanakan PJB di Desa Laja Sandang

Tenaga kesehatan Puskesmas Empanang melaksanakan Pemeriksaan Jentik berkala (PJB) di Dusun seridan Desa Laja Sandang Kecamatan Empanang Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (26/9/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam upaya mengetahui tingkat populasi jentik dilingkungan masyarakat, guna melakukan upaya pemberantasan, sehingga tidak berkembangbiak menjadi nyamuk yang dapat menularkan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Penanggung jawab/pelaksana kegiatan Tenaga Kesehatan Puskesmas Empanang yaitu Tina dan Marica beserta Kader Jumantik Desa Laja Sandang.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Empanang Suasana, S.Tr.Keb menuturkan, pemeriksaan Jentik dapat mencegah penyakit DBD dilingkungan masyarakat, khususnya di Dusun Seridan, Desa Laja Sandang Kecamatan Empanang.

“PJB ini sangat penting, untuk menurunkan populasi nyamuk penular DBD Aedes Aegypti serta jentik nya dengan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pemberantasan sarang nyamuk DBD dengan PSN (3 M Plus) melalui juru pemantau jentik,” kata Kapus.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan tenaga kesehatan bersama para Kader Jumantik yakni mengunjungi rumah atau Tempat-Tempat Umum (TTU) untuk memeriksa Tempat Penampungan Air (TPA) dan non TPA dan tempat penampungan air alamiah, baik di dalam dan di luar rumah atau bangunan, dengan jumlah peserta sebanyakn35 orang.

Jumlah rumah yang diperiksa 35 rumah, jumlah rumah positif jentik 10 rumah, jadi angka bebas jentik (ABJ) 71 persen.

 

The post Nakes Puskesmas Empanang Laksanakan PJB di Desa Laja Sandang appeared first on Info Kapuas Hulu.

Share Post: