Disnakerintrans mengikuti zoom meeting dengan Dekranasda Kalbar


Disnakerintrans dan Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu mengikuti zoom meeting dengan Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka rapat kerja (raker) yang dipimpin langsung ketuanya, Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji. Raker berlangsung di Sekretariat Dekranasda Provinsi Kalbar Jalan Ahmad Yani Pontianak, Selasa (12/1/2020).

Dalam raker tersebut dibahas rencana jadwal kegiatan dan program kerja yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2021. Ny. Hj. Lismaryani mengingatkan pandemi Covid-19 belum berakhir dan sepanjang tahun 2020 lalu telah mengancam keselamatan banyak orang. Hal tersebut bahkan berimbas pada terbatasnya program kerja Dekranasda untuk kesejahteraan para perajin di Kalbar.

Ny. Hj. Lismaryani berharap sinergi program dan kegiatan dapat tercipta, terutama yang mengangkat IKM kerajinan di Kalbar. Sinergi program antar instansi, baik dari pemerintah, BUMN, Bank yang tergabung dalam kepengurusan Dekranasda Provinsi dapat berjalan baik sepanjang 2021 sesuai jadwal yang telah direncanakan oleh pengurus.

Kegiatan-kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan tahun 2021 di antaranya adalah pelatihan desain motif dan pola tenun Sidan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kegiatan InaCraft 2021 di Jakarta pada Maret 2021, dan Pameran serta Fashion Show Kriya Nusa 2021 di Jakarta bulan September 2021.  Seperti diketahui bersama bahwa tenun Sidan khas Dayak Iban di Kabupaten Kapuas Hulu adalah produk yang memiliki daya tarik tersendiri dan menjadi perhatian dari Dekranas Pusat agar dapat dikembangkan dan terlindungi, lanjut ketua Dekranasda Kalimantan Barat. 

Dalam acara tersebut juga disinggung tentang adanya klaim terhadap tenun sidan oleh negara tetangga. Oleh karena itu Pemerintah akan berupaya untuk tetap mempertahankan tenun sidan sebagai produk khas budaya (Kapuas Hulu) Indonesia.

Zoom meeting diikuti oleh Ketua Dekranasda Kalbar beserta jajarannya, Kepala Disnakerintrans, Kepala Bidang Perindustrian, dan Ketua Dekranasda Kapuas Hulu beserta jajarannya di ruang Kepala Bidang perindustrian pada Disnakerintrans.

Share Post: