Diskominfo dan Statistik Persiapkan Forum Satu Data Kapuas Hulu


Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu akan membentuk forum satu data kabupaten Kapuas Hulu. Forum tersebut melibatkan instansi vertikal dan horizontal yang terkait.

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfo dan Statistik) Kapuas Hulu memfasilitasi pertemuan awal pembentukan Forum Satu Data Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (5/4/2021). Pertemuan tersebut melibatkan KPPN, Bappeda dan Badan Pusat Statistik. “Pertemuan ini adalah persiapan pembentukan forum satu data tingkat kabupaten Kapuas Hulu. Dalam forum ini ada Ketua/ Koordinator, Bappeda, pembina dana dari BPS Kabupaten Kapuas Hulu, kemudian Wali Data adalah Diskominfo dan Statistik, produsen data ini melibatkan OPD dan juga KPPN,” papar M Yamin, Kepala Seksi Statistik, Diskominfo dan Statistik Kapuas Hulu.

Diskominfo dan Statistik dalam hal ini hanya memediasi atau mempertemukan pihak terkait seperti Bappeda, KPPN, BPS dan Kominfo Statistik. “Dari pertemuan ini yang pembentuknya akan ditindak lanjut Bappeda,” ujarnya.

Kadis Kominfo dan Statistik Kapuas Hulu, Istiwa mengatakan kegiatan hari ini menindak lanjuti Perpres 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia, kemudian Perbup Kapuas Hulu nomor 72 tahun 2020 tentang satu data kabupaten Kapuas Hulu. “Jadi kita forum satu data Kapuas Hulu, ini akan dituangkan dalam SK Bupati,” terangnya.

Istiwa mengatakan tujuannya adalah koordinasi sehingga uraian tugas dipahami oleh instansi terkait. Dari pertemuan ini ada indeks daya saing yang disampaikan Bappeda, ini bisa diupayakan bersama lewat Forum ini. “Termasuk data lainnya,” terang Istiwa.

Untuk satu data, kata Istiwa, memang sifatnya data online yang terintegrasi. Ada Aplikasi Data Statistik Sektoral Kapuas Hulu yang sudah Kominfo dan Statistik Kapuas Hulu siap. “Data dari aplikasi ini yang akan di integrasikan satu data Kalbar dan Indonesia. Aplikasi ini rencananya 8 April akan dilaunching,” tuturnya.

Istiwa mengharapkan Forum Satu Data kedepannya mendapat dukungan semua pihak terkait. Dengan demikian semua data akan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemangku kepentingan dan juga masyarakat. (Yohanes)

Share Post: