Dinas Perikanan Survey Analisis Pasar Hasil Perikanan di Kecamatan Jongkong


Dinas Perikanan dalam hal ini Bidang Perikanan Budidaya melakukan survey analisis pasar hasil perikanan di Kecamatan Jongkong. Petugas yang melakukan survey Aries Nur Sejati,A.Md dan Duanti Rahmi Lastri,A.Md.Pi beserta staf lainnya yakni Muh Abduh,S.Pi dan Zalifah ainun Zainudin, A.Md.Pi (9/04/2021). Lokasi utama yang yang jadi sasaran tim survey yakni Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jongkong.

Subuh-subuh sekali sekitar jam setengah 5 pagi tim sudah berada di TPI. Menurut Aries jika tidak dilakukan pada subuh pagi maka kita tidak akan bertemu dengan pelaku usaha perikanan. Target yang menjadi sasaran survey yakni pengupul dan pengecer ikan di lokasi TPI. penjual ikan rata-rata nelayan dari Kecamatan Selimbau dan Jongkong datang membawa ikan ke TPI Jongkong. Selanjutnya akan dilakukan pendaratan di lanting TPI dan tim pengecer siap menyambut ikan-ikan tersebut. Bahkan ada yang dipesan oleh pengecer sebelumnya kepada nelayan.

Sambil aktivitas berjalan tim melakukan pendataan pelaku pengecer ikan tersebut. Ada sekitar 35 orang yang terdiri dari 20 pengumpul dan 15 pengecer yang berhasil didata oleh tim. Pengecer tersebut datang dari Kecamatan Hulu Gurung, Pengkadan hingga Boyan Tanjung. Untuk pengumpul dari Kecamatan Jongkong ada juga ikut dalam kegiatan tersebut.

Ditambahkan juga oleh Duanti hasil dari data tersebut digunakan untuk melihat penyebaran ikan dan mendata komoditi ikan dan kebutuhan ikan di pasaran. Sehingga pendataan tidak hanya kepengecer juga dilakukan pelaku pengolah dan pengumpul ikan di Desa Tanjung Suli Kecamatan Jongkong.

Duati dan tim sangat beterima kasih kepada petugas TPI dari Dinas Perikanan yakni Juliana sudah membantu dalam proses pendataan. Keberadaan TPI sangat membantu bagi pengumpul dan pengecer untuk melakukan transaksi penjualan ikan. Hal yang sama juga dirasakan oleh pengumpul maupun pengecer, TPI sangat membantu dalam pengambilan ikan.

Share Post: