Dinas Perikanan Monitoring Kolam Percontohan Patin di Desa Tekalong Kecamatan Mentebah

Dalam rangka melihat kemanfaatan program Dinas Perikanan yang sudah disalurkan pada tahun 2020. Tim Monitoring diketuai oleh Dety Putri Sari, S.Pi bersama staf program Dinas Perikanan terdiri 5 orang mendatangi kelompok Batang Menain Desa Tekalong Kecamatan Mentebah (10/4/2021).

Kelompok penerima yakni Kelompok Batang Menain Desa Telakong dengan jumlah anggota 14 orang tersebut pada tahun 2020 mendapatkan bantuan Ikan patin sebanyak kurang lebih 30.000 ekor. Ikan patin yang sudah dibagikan melalui Dinas Perikanan pada tahun 2020 sudah ditebar dan dipelihara oleh kelompok.

Menurut ketua kelompok Batang Benain Deminius saat ditemui di lokasi menyampaikan belum ada kendala yang berarti sejak pertama ikan datang pada akhir tahun 2020. Ikan yang dibudidakan tumbuh  dengan baik dan sehat. Meskipun belum di panen karena belum cukup ukuran untuk dipanen.

Menurut Deminius rencananya  ikan tersebut sudah ada pasaran yang akan menampung. Karena pemintaan ikan patin masih banyak dan mudah dalam pemasarannya.  Selain itu pendukung dalam budidaya ikan sangat baik karena sumber air dari bukit Sekarung, Tekalong sangat melimpah. Sehingga musim kemarau tidak di khawatirkan air kering.

Dety Putri Sari Kasubag Program Dinas Perikanan saat melakukan monitoring melihat potensi di Tekalong sangat bagus untuk pengembangan budidaya ikan konsumsi. Saat diwawancarai, ketua kelompok menilai kelompok sudah terbiasa membudidayakan ikan. Kondisi seperti ini yang diharapkan, tinggal pembinaan dari bidang terkait.

Selain itu daerah Tekalong dekat dengan UPT BI Kelansin Dinas Perikanan. UPT bisa dijadikan tempat untuk bertanya dan belajar. Sehingga kelompok bisa menjadi motivasi untuk lebih baik. Dety juga berharap kedepan kelompok bisa menjadi mandiri.

Share Post: