Capaian Kinerja Pemda Kapuas Hulu


Kabupaten Kapuas Hulu merupakan satu dari empat belas kabupaten kota di Kalimantan Barat dan merupakan kabupaten paling timur di provinsi tersebut. Meski letaknya jauh dari ibu kota provinsi, namun bukan berarti menjadikan kabupaten ini tidak mampu berinovasi dan berprestasi di berbagai sektor baik tingkat provinsi Kalbar maupun Nasional.

Berbagai capaian dan prestasi yang telah diraih oleh pemda Kapuas Hulu di bawah duet kepemimpinan A.M. Nasir, S.H., dan Antonius L.ain Pamero, S.H., sebagai Bupati dan Wakil Bupati.

Adpun capaian yang telah diperoleh pemerintah kabupaten Kapuas Hulu dalam beberapa tahun terakhir, dimasa kepemimpinan beliau berdua diantaranya mendapat (Hattrick) tiga kali berturut meraih predikat wajar tampa pengecualian ( WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK RI) Perwakilan Kalimantan Barat atas Pengelolaan Laporan Keuangan Kabupaten Kapuas Hulu, periode 2017-2019.

 Penghargaan sebagai Kabupaten yang berpredikat kepatuhan tinggi  (berda di zona hijau) tentang pelayanan publik tahun 2019 sesuai Undang-Undang Pelayanan Publik  Nomor 25 Tahun 2009, dari Ombusman Republik Indonesia,  kemudaian pada tahun 2019 mendapat penghargaan dari Gubernur Kalimantan Barat sebagai Kabupaten yang telah selesai menindaklanjuti hasil pengawasan Inspektorat Kalimantan Barat.

Capaian Selanjutnya pemerintah kabupaten Kapuas Hulu mendapaat nilai  B atas penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemrintah ( SAKIP) dari kementerian Pendayagunaan Aparatur Nergara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dan dua tahun terakhir tahun 2018 dan tahun 2019 juga mendapat penghargaan dari Komisi Informasi Kalimantan Barat Sebagai Badan Publik Kabupaten / kota yang berada di zona hijau (Informatif) dalam keterbukaan informasi publik ( Sesuai Undang-Undang nomor 14 Tahun 2008).

Kemudian di bidang reformasi birokrasi, dalam rangka mewujudkan pemerintah efektif dan efisien Pemerintah kabupaten Kapuas Hulu  mendapat nilai CC (mendekati B), hal ini menunjukkan bahwa proses reformasi birokrasi di kabupaten paling ujung timur Kalbar ini sudah berjalan dengan baik dan akan terus meningkatkan kualitas pelayanannya dimasa mendatang.

Atas prestasi yang didapat, semoga kedepannya lebih banyak lagi capaian dan prestasi bisa diperoleh kabupaten Kapuas Hulu, sehingga meskipun letaknya yang berada jauh dari pemerintah Provinsi tidak menjadi hambatan untuk terus berinovasi dan berprestasi.

Share Post: