Bupati Tegaskan Kades Harus Aktif Himbau Prokes

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan saat ini Pemerintah masih fokus dalam menekan angka penularan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Kapuas Hulu sendiri masih zona kuning, untuk itu Bupati meminta Kepala Desa dan jajaran aktif menghimbau protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas ke daerah tertentu bila tidak penting.

“Kades beri arahan terkait kondisi. Kegiatan kerumunan tidak dianjurkan. Ini beresiko, apalagi kita zona kuning. Masih ada penularan, kita jaga orang tua kita, jaga diri dan keluarga. Yang punya penyakit penyerta itu rawan,” kata Bupati di Boyan Tanjung, belum lama ini.

Bupati menjelaskan bahwa anak-anak muda memang kuat fisiknya, tidak terlau khawatir. Namun perlu disadari bahwa mereka itu bisa membawa virus, statusnya sebagai orang tanpa gejala. “Mereka ini yang membuat para orang tua jadi rawan, jadi beresiko. Tolong pak Kades ini dihimbau ke masyarakat juga,” terang Bupati.

Bupati menegaskan bahwa 75 persen derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh perilaku. Saat pandemi semua harus terapkan protokol kesehatan. “Selaku ketua satgas saya tidak henti menghimbau protokol kesehatan. 5m ini harus jadi bagian dari kehidupan sehari-hari,” ujarnya. (Yohanes)

Share Post: