BPBD Kapuas Hulu Menghadiri Penutupan TMMD Kodim 1206/PSB ke-110 Tahun 2021


Setelah berjalan selama kurang lebih 1 bulan akhirnya kegiatan TNI Mandiri Membangun Desa (TMMD) Reguler Perbatasan ke-110 Tahun 2021 yang dimulai tanggal 2 Maret 2021 akhirnya di tutup secara resmi pada Rabu, 31 Maret 2021 bertempat di Aula Makodim 1206/PSB Putussibau.

Hadir pada kesempatan itu Panglima KodamXII/Tanjungpura yang diwakili oleh Kasrem 121/ ABW Kolonel Kav Aloysius Nugroho Santoso, SE, MM, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, SH, Wakil Bupati Wahyudi Hidayat, ST, Komandan Kodim 1206/Putussibau Letkol Inf Jemi Oktis Oil, S. IP, Forkopimda Kapuas Hulu dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu. Dalam acara tersebut dari BPBD hadir Sekretaris BPBD Kusnadi, S. Pd. 

Dalam paparannya Dandim 1206/PSB yang merangkap sebagai Komandan Satgas TMMD Regtas ke-110 Tahun 2021 mengatakan bahwa kegiatan TMMD dilaksanakan di Desa Hulu Pengkadan Kecamatan Pengkadan dan Desa Beringin Kecamatan Hulu Gurung.

Kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik berupa pembuatan badan jalan dengan lebar 10 m dari Desa Hulu Pengkadan Kecamatan Pengkadan hingga Desa Beringin Kecamatan Hulu Gurung dengan target sejauh 3,8 Km namun terealisasi mencapai 4,05 Km, pembuatan jembatan semula di rencanakan 7 unit terealisasi 10 unit, gorong-gorong 6 unit.

Sedangkan kegiatan non fisik yang di lakukan berupa sosialisasi dan penyuluhan : pencegahan Covid-19, werving TNI, kamtibmas, bahaya narkoba, karhutla, stunting, wawasan kebangsaan, pembuatan digital corner sebagai wadah bagi anak muda milenial mengekspos potensi wilayah atau destinasi wisata untuk menggerakkan perekonomian masyarakat melalui medsos.

Adapun kegiatan sosial yang dilakukan antara lain pembersihan masjid yang berada di sekitar lokasi TMMD. “Dalam penyelesaian agenda TMMD kami menghadapi kendala seringnya turun hujan di lokasi sehingga harus bekerja hingga Pk. 22.00 wib malam hari.

TMMD ini melibatkan 180 personil dari berbagai unsur dengan dukungan pembiayaan berasal dari APBD Kabupaten Kapuas Hulu sebesar    Rp 1,5 M (Rp 1,3 M untuk kegiatan fisik dan Rp 200 juta untuk kegiatan non fisik),” ujarnya.

Sementara itu Kasrem 121/ABW Kolonel Kav Aloysius Nugroho Santoso, SE, MM yang membacakan sambutan Panglima Kodam XII/TPR menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu atas segala dukungannya sehingga TMMD dengan tema

“TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” mendapat sambutan yang positif dari masyarakat serta berjalan lancar sesuai harapan. “TMMD Reguler dan Imbangan dalam waktu bersamaan dengan TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 1206/Putussibau juga dilaksanakan di 4 lokasi lainnya yakni Mempawah, Sanggau, Kuala Kapuas dan Pangkalanbun,”ucapnya.

Dalam sambutannya Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, SH mengucapkan terima kasih atas terlaksananya TMMD ke-110. “Semangat gotong royong, kebersamaan dan harmonisasi yang dibangun bersama masyarakat yang merupakan warisan nenek moyang bangsa akan memperkokoh integritas ketahanan masyarakat dalam wadah NKRI dan spirit itu agar dilanjutkan dan hidup di tengah-tengah masyarakat”, harapnya.

Sekretaris BPBD Kabupaten Kapuas Hulu Kusnadi S. Pd berharap agar kegiatan TMMD ini terus dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang karena memberi dampak yang sangat positif bagi kehidupan masyarakat selain itu pula kegiatan TMMD selaras dan mendukung program Bupati dan Wabup terpilih yang memprioritaskan pembangunan pada sektor infrastruktur, SDM dan perekonomian masyarakat. “Dengan terbukanya akses jalan yang menghubungkan Desa Hulu Pengkadan Kec. Pengkadan dan Desa Beringin Kec. Hulu Gurung  maka secara otomatis akan meningkatkan taraf kehidupan masyakat baik ekonomi, informasi, arus barang dan jasa maupun kehidupan sosial dan budaya masyarakat,” tegasnya (KS)

Share Post: