Bidang Transmigrasi Selenggarakan Pelatihan Peningkatan SDM Masyarakat Transmigrasi di UPT XVIII Nanga Kalis


Kemajuan kegiatan ekonomi di kawasan transmigrasi pada umumnya terdapat hambatan.  Faktor yang menjadi penghambat antara lain masalah sumber daya manusia yang belum memiliki keterampilan dalam memanfaatkan sumberdaya alam yang tersedia, kondisi lahan yang kurang subur dan keterampilan yang mereka miliki terbatas.

Kondisi tersebut di atas perlu adanya sebuah terobosan yang kreatif dan inovatif dari instansi yang terkait untuk memberikan solusi yang bermanfaat bagi warga transmigrasi. Bidang Transmigrasi yang selama ini membidangi masalah ketransmigrasian di Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi Kabupaten Kapuas Hulu mempunyai sebuah gagasan yaitu membuat sebuah kegiatan yang dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di daerah transmigrasi. 

Menurut Plt. Kepala Bidang Transmigrasi Drs. Subandi dalam laporan panitia, salah satu solusinya yaitu dengan Pelatihan Peningkatan sumber daya manusia di lokasi transmigrasi salah satunya yaitu Pelatihan pembuatan olahan pangan.  Kegiatan tersebut diselenggarakan di UPT XVIII Nanga Kalis. 

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan kepada para Transmigran tentang olahan pangan dengan memanfaatkan bahan pangan yang mudah didapat di sekitar lokasi transmigrasi. Disamping itu, Para peserta pelatihan selain mendapatkan pelatihan juga diberikan stimulan berupa peralatan pengolahan bahan pangan untuk kelompoknya. Dikatakan lebih lanjut tujuan dilaksanakannya Pelatihan Pertukangan antara lain adalah:

  1. Meningkatkan Kapasitas Sumberdaya Manusia selain Bidang Pertanian dan Pangan;
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas usaha produktif jangka pendek, menengah dan panjang;
  3. Memberikan motivasi dan membangun kerjasama antar transmigran dalam beradaptasi dengan lingkungan yang baru;
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat di permukiman transmigrasi.

 Pelatihan tersebut dilaksanakan sejak tanggal 19 sampai dengan 20 Maret 2021 diikuti oleh 10 (sepuluh) orang peserta yaitu warga transmigran UPT XVIII Nanga Kalis dan dihadiri oleh sekretaris Disnakerintrans beserta staf sekretariat, Kepala Bidang perindustrian beserta staf, Kasi Pelatihan, Produktifitas dan penempatan Tenaga Kerja, Perwakilan Kecamatan Kalis, Kepala Desa Nanga Kalis dan Instruktur.

Kepala Disnakerintrans dalam Sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Disnakerintrans Margaretha Tutu, S.H. mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.  Saat seperti ini, dimana maa pandemi Covid 19 belum berakhir kita harus pandai-pandai menciptakan peluang usaha sehingga dapat survive dan meningkatkan kesejahteraan keluarga serta sekaligus dapat meningkatkan terciptanya lapangan kerja baru sehingga kemandirian akan tercipta. Tutupnya. 

Share Post: