Asisten II Membuka Pelatihan Diversifikasi Kain Tenun


Asisten II Bidang Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu H. Bahtiar, S.P., M.Si. membuka secara resmi Pelatihan Diversifikasi Kain Tenun Bagi Para Pelaku IKM Hari Senin 5 April 2021 di Aula Hotel Merpati Putussibau. Hadir dalam acara tersebut Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Sekretarias Disnakerintrans, Para Pejabat Esselon III, IV dan Staf pada Disnakerintrans, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu, Perwakilan Dinas UKM dan Perdagangan, Perwakilan Bank BRI Putussibau, Bank BPD, Instruktur dan 20 orang Pelaku IKM (pengrajin).

Bahtiar sangat mengapresiasi dan berharap para pengrajin Kapuas Hulu dapat lebih berinovasi dalam membuat hasil tenunan terutama dalam mendesain motif yang ada, karena hasil kerajinan tangan khususnya kain tenun yang ada di Kapuas Hulu sudah banyak dikenal di tingkat nasional bahkan Internasional.

Sekretaris Disnakerintrans Margaretha Tutu, S.H. mengatakan agar Para pengrajin jangan terlalu monoton dalam mendesaian motif tenunan, tapi bagaimana motif tenunan lebih menonjolkan produk Kabupaten Kapuas Hulu misalnya motif Arwana. Tentunya dalam pembuatan desain motif tersebut kita juga harus dapat menyesuaikan perkembangan saat ini yang lebih modern dan mengikuti fashion yang ada.   

Tutu juga memaparkan bahwa kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan dari tanggal 5 sampai dengan 12 April 2021 termasuk registrasi peserta.  Sedangkan Instruktur untuk melatih para pengrajin tenun yakni Lusia Acun selaku Perancang Mode.

Diharapkan para peserta dengan tekun dan seksama dalam mengikuti semua tahapan pelatihan sehingga mendapatkan ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang disampaikan instruktur untuk selalu berinovasi dalam menghasilkan produknya, pungkas Tutu.

Share Post: