100 KPM Belum Mengambil BLT

Kepala Kantor Pos Putussibau, Putti Ratna Bidari, mengatakan bahwa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial tunai tahap 11 bulan Februari tahun 2021, kuotanya berjumlah 2925 orang. Pada tangal 2 Maret 2021 sudah tersalurkan 2825 orang dan sisanya ada 100 orang belum mengambil bantuan tersebut. “Alasannya ada yang meninggal, ada yang tidak ditemukan atau sudah pindah, termasuk juga orang – orang yang belum mengambil,” ucapnya saat ditemui di kantor Pos Putussibau, Kapuas Hulu, Rabu (3/3/2021).

Putti mengatakan bahwa, persentase realisasi tersalur bantuan sosial tunai mencapai 96,58 persen. Batas terakhir bagi KPM mengambil bantuan sosial tunai ke 11 ini pada tanggal 6 Maret tahun 2021. Pada bulan maret ini akan berlanjut bantuan sosial tunai tahap ke 12, namun untuk penerimaan BST tahap 12 belum ada data berapa banyak KPM. “Tahap 12 belum tahu berapa banyak, karena datanya dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Datanya nanti di serahkan ke PT. Pos di Pusat, nanti dari pusat di bagi lagi ke daerah-daerah,” ucapnya.

Bila BST tidak diambil oleh KPM, kata Putti, dananya akan dikembalikan ke Kemensos RI. Sebab itu Putti berharap bantuan tersebut dapat tersalurkan 100 persen. Hanya saja ada yang meninggal, ada yang pindah, ada yang sudah mampu juga. “Kami juga berupaya koordinasi dengan Dinas Sosial Kapuas Hulu supaya penyaluran bisa 100 persen, inikan yang diambil bukan data terbaru, kalau ga salah data tahun 2015,” tuntasnya. (Yohanes)

Share Post: