Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Proses Pengerjaan Jalan Lintas Selatan Nanga Tuan menuju Bunut Hilir telah mulai dikerjakan. Sekretaris Daerah Kapuas Hulu, Ir. H. Muhammad Sukri mengatakan, saat ini Pemkab Kapuas Hulu serius memikirkan pembangunan Jalan Lintas Selatan Nanga Tuan - Bunut Hilir, oleh karena itu ia meminta masyarakat untuk bersabar dan mendukung pembangunan jalan tersebut. "Kami minta masyarakat bersabar, selama ini Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengupayakan pembangunan jalan itu," kata Sekretaris Daerah Kapuas Hulu. Sekretaris Daerah Kapuas Hulu mengakui, memang selama ini masyarakat setempat mengandalkan transportasi air untuk kegiatan sehari-hari, akibatnya harga barang dan biaya transportasi sangat tinggi. "Kami minta nantinya seluruh masyarakat menjaga jalan tersebut demi kepentingan bersama," pinta Sekretaris Daerah Kapuas Hulu.

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero, SH mengatakan, setiap tahun anggaran untuk pembangunan jalan tersebut selalu dianggarkan, saat ini masih ada dua Kecamatan di Kapuas Hulu yang belum terhubung jalan darat seperti Kecamatan Bunut Hilir dan Embaloh Hilir. "Kedua kecamatan itu menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu," kata Wakil Bupati Kapuas Hulu. Wakil Bupati Kapuas Hulu menambahkan pula, anggaran untuk pembangunan kedua jalan darat didua Kecamatan tersebut lebih besar dari anggaran pembangunan yang lain. Untuk pembangunan di Kapuas Hulu saat ini tidak bisa dilakukan secara serentak melainkan secara bertahap mengingat anggaran yang sangat terbatas dan tidak sebanding dengan luas wilayah Kapuas Hulu. "Pembangunan Jalan di Bunut Hilir itu, lebih besar anggarannya dibandingkan dengan pembangunan infrastruktur lain, untuk tahun 2017 ini anggarannya mencapai Rp. 17,5 milyar," ungkap Wakil Bupati Kapuas Hulu.

Bupati Kapuas Hulu AM. Nasir, SH, menjelaskan, Untuk kendala dalam pembangunan jalan di Kecamatan Bunut Hilir itu, karena kondisi tanahnya yang gambut. Dimana untuk proses pengerjaannya tidak bisa dilaksanakan pada musim penghujan. "saat ini Pemda sedang mencari cara untuk menyelesaikan pembangunan jalan darat tersebut, bila tidak bertentangan dengan aturan pembangunan jalan tersebut akan dilaksanakan secara Multiyes," kata Wakil Bupati Kapuas Hulu. Wakil Bupati Kapuas Hulu meminta dukungan semua pihak, agar kedua Kecamatan yang terisolir tersebut aksesnya dapat segera terbuka, dengan demikian diharapkan kehidupan perekonomian masyarakat setempat akan membaik dan akses transportasi daratpun akan berjalan lancar. "Kami berharap DPRD juga mendukung. Saya upayakan sebelum selesai masa jabatan saya ke Dua Kecamatan ini sudah keluar dari keterisoliran," kata Wakil Bupati Kapuas Hulu.

Camat Bunut Hilir, Tabri mengatakan, Wilayah Kecamatan Bunut Hilir Sangat luas terdiri dari 11 Desa, 24 Dusun dan 14 Danau. Untuk mengelola kecamatan dengan wilayah yang luas tersebut dibutuhkan campur tangan pemerintah baik Daerah, Provinsi maupun Pusat. "Kami memiliki banyak keterbatasan dalam melakukan pengelolaan, dukungan dan perhatian pemerintah sangat kami harapkan untuk membangun Kecamatan Bunut Hilir. Terutama dalam penyelesaian jalan ke Kecamatan kami,"terang Wakil Bupati Kapuas Hulu. (Doc. Bidang SAI-DKIS)


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)