Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Tenaga pendidik di Kabupaten Kapuas Hulu setiap tahunnya berkurang karena banyak yang memasuki masa pensiun. Tahun 2018 saja ada 69 guru yang bakal pensiun. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi, S.Sos, M.Si menuturkan, meski pada Tahun 2017, Pemkab Kapuas Hulu sudah menerima sebanyak 618 guru kontrak untuk bertugas diwilayah pedalaman maupun terisolir. Jumlah tersebut belum bisa membantu menutupi kekurangan guru. Sebab setiap tahunnya banyak guru PNS di Bumi Uncak Kapuas yang pensiun sehingga menimbulkan ketimpangan antara guru yang masuk dan keluar.  “Tahun ini saja ada 69 guru pensiun. Sementara beberapa tahun ini Kapuas Hulu tidak ada penerimaan guru PNS,” papar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu.

 

Pensiunnya seorang PNS adalah sesuatu yang alamiah disuatu organisasi, begitu juga di Dinas Pendidikan. Untuk pensiun guru terbesar akan terjadi pada Tahun 2019, dimana guru-guru yang berasal dari Flores, Jawa, NTB dan NTT semuanya akan pensiun. “Karena rata-rata mereka (guru) usianya sudah memasuki 60 tahun dan kita pastikan tidak ada lagi guru-guru di Kapuas Hulu ini berasal dari Flores, Pulau Jawa, NTB maupun NTT,”. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu berharap, kedepan akan ada pembukaan PNS bagi formasi guru. Agar secara bertahap bisa mengimbangi guru-guru yang sudah pensiun. "Kalau tidak ada penerimaan PNS jumlah guru akan terus berkurang. Mutu pendidikan akan semakin buruk," tutup Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu.


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)