Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Drs. H.M. Yusuf, M.M menuturkan, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu akan memantapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) yang ada saat ini.
Pada Tanggal 9 Juli 2018, akan ada 13 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kapuas Hulu mengikuti bimbingan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia di Aston Pontianak. Bimbingan tersebut berkaitan tentang pemantapan SAKIP. "Jadi ada Kabupaten yang ikut pelatihan tersebut, termasuk Kapuas Hulu," papar Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa 3 Juli 2018.

 

Sekarang ini, SAKIP Pemda Kapuas Hulu nilainya C. Kedepan Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu berharap, SAKIP Kapuas Hulu bisa mendapat nilai B. "Untuk mencapai nilai B tentu perlu pendampingan dari Kemenpan RB,". Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu menjelaskan, SAKIP secara tidak langsung mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kapuas Hulu. Kalau SAKIP tidak baik, berarti perencanaan tidak baik serta hal terkait lainnya juga tidak baik. "SAKIP ini mencakup juga pelayanan publik, maka OPD yang berangkat pelatihan nanti adalah yang memang terfokus ke pelayanan publik seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Dinas Perizinan serta Dinas lainnya," terang Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

 

Pemerintah Kapuas Hulu sejauh ini sudah mulai baik, mulai dari perencanaannya hingga pelaporan program yang sudah berjalan. Itu semua sudah dapat terpantau dan terukur untuk target dan pencapaiannya. "Dari pencapain tersebut dapat menjadi tolak ukur keberhasilan Bupati,". Kedepannya sistem Pemerintahan Kapuas Hulu akan mengadobsi sistem aplikasi kota Bandung. Kalau tidak bisa sekaligus, Pemda Kapuas Hulu akan upayakan bertahap. Sistem tersebut lebih transparan sebab semua dapat melihat sistem pembangunan yang ada di setiap kegiatan. "Nanti tim teknis dari Bandung akan datang ke Kapuas Hulu untuk mempersiapkan hal ini," tutup Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)