Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Kecamatan Embaloh Hilir Kabupaten Kapuas Hulu memiliki sembilan Desa. Dari sembilan Desa tersebut ada tujuh Desa yang belum teraliri listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Warga dari tujuh Desa ini sebagian mengandalkan genset untuk kebutuhan listrik sehari-harinya, sebagian juga mengandalkan penerangan manual berupa pelita. Keadaan ini telah berlangsung bertahun-tahun. Camat Embaloh Hilir, Walidad menuturkan, tujuh Desa di Kecamatan Embaloh Hilir yang belum teraliri listrik adalah Desa Ujung Bayur, Kirin Nangka, Pala Pintas, Keliling Semulung, Lawik, Nanga Lauk dan Blatung. Masyarakat dari Desa-desa tersebut sangat mengharapkan adanya listrik dari PLN. "Saat kami lakukan musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) Kecamatan, permasalahan listrik tersebut disampaikan warga," papar Camat Embaloh Hilir, ketika ditemui di gedung DPRD Kapuas Hulu, Senin 14 Mei 2018.

Camat Embaloh Hilir menuturkan, keterbatasan listrik di tujuh Desa tersebut sudah sejak lama. Hal ini pun tidak dapat diakomodir secara maksimal oleh Kecamatan dan Kabupaten, karena tidak memiliki kewenangan terkait listrik. "Selama ini masyarakat di tujuh Desa itu ada beberapa yang pakai genset, yang lain pakai manual (pelita),". Camat Embaloh Hilir mengatakan, posisi Desa-desa di Embaloh Hilir tidak dalam satu dataran. Ada yang ditepian sungai, ada yang diseberang sungai, namun agak masuk ke daratan. "Kalau yang di tepi sungai seperti Desa Pala Pintas, itu bisa masukan listriknya dari dekat pusat kota Kecamatan Embaloh Hilir, kalau yang diseberang sungai dan agak kedalam seperti Desa Nanga Lauk, untuk masukan listriknya bisa dari arah Lintas Utara," terang Camat Embaloh Hilir.

Camat Embaloh Hilir sangat mengharapkan Pemerintah Provinsi dan Pusat dapat membantu realisasi listrik di tujuh Desa di Embaloh Hilir. Agar Desa-desa tersebut dapat cepat berkembang, serta mempermudah masyarakat dalam kebutuhan hariannya. "Kami sangat berharap Desa-desa yang belum ada listrik ini bisa merasakan sarana listrik dari PLN secepatnya," tutup Camat Embaloh Hilir.


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)