Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Kapuas Hulu menggelar rapat optimalisasi penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Aula DPRD Kapuas Hulu, Senin 14 Mei 2018 pagi. Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero, SH membuka kegiatan tersebut.

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero, SH menuturkan, setiap tahun Pemerintah terus memberikan penilaian kepada daerah, bukan hanya SAKIP dari Menpan – RB, tetapi beberapa penilaian lainnya seperti Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pengelolaan keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) serta predikat Bintang dari Kemendagri. “Sebab itu kita harus komitmen. Kerja Pemerintahan adalah kerja bersama, bukan sendiri. Maka setiap kriteria itu harus kita penuhi, sehingga bisa mendapat predikat terbaik,” ucap Wakil Bupati Kapuas Hulu.

Wakil Bupati Kapuas Hulu menegaskan, bahwa kinerja Pemerintah tidak bisa santai lagi, karena semua sistem kinerja Pemerintahan sudah dilakukan secara terbuka menggunakan informasi teknologi. Contoh dengan sistem  e – planing dan e – budgeting. “Sehingga kita tidak ada lagi kebingungan dalam hal menyelaraskan program kegiatan. Untuk itu kita harus yakin, bahwa kita bisa melakukannya,”. Terkait SAKIP tujuannya jelas, diantaranya meningkatkan tatakelola Pemerintah yang baik, maka setiap indikator kinerja harus lebih maksimal, sehingga bisa terpenuhi. “Saya mohon kita berkomitmen, apapun masalah tetap kita hadapi. Kalau barang itu bisa kita kerjakan, kenapa tidak dilaksanakan. Karena Kapuas Hulu juga tidak tertinggal jauh dengan daerah lain,” pungkas Wakil Bupati Kapuas Hulu.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Setda Kapuas Hulu, Edi Suparman menegaskan, tujuan pertemuan tersebut untuk membangun komitmen bersama antar OPD dalam meningkatkan kualitas kinerja. Keluarnya penilaian SAKIP dari Kemenpan – RB setelah melalui proses evaluasi. Setelah itu Menpan – RB memberikannya secara Nasional, yang kemudian predikat tersebut diumumkan. “Harapannya agar Kepala OPD serius membantu kita dalam membangun komitmen ini, sekarang bukan hanya output yang kita harapkan, tetapi outcamnya juga,” ucap Kabag Organisasi Setda Kapuas Hulu.

Dikesempatan sama, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kapuas Hulu, H. Sarbani, S.E., M.A.P mengungkapkan, untuk meningkatkan kinerja akuntabilitas Instansi Pemerintah memang perlu komitmen bersama. “Seperti berkenaan dengan data, itu sebenarnya sudah ada di masing–masing OPD, tinggal kita mengolahnya. Maka ini butuh komitmen dalam mengelola data secara baik. Karena dari dulu data ini memang sudah ada,” ungkap Kepala BKPSDM Kapuas Hulu.


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)