Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Hulu, Ny. Erlinawati Nasir, S.H., M.A.P mengingatkan, kepada seluruh kader PKK Kapuas Hulu mulai dari Kabupaten hingga Desa agar tidak terlibat dalam politik praktis. Pasalnya dalam waktu dekat akan diselenggarakan Pemilihan Umum Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Barat. "Kedepan akan ada tahun politik. Ini harus berlangsung aman dan damai. Kita harus jaga  kerukunan beragama dan keluarga serta jangan terlibat politik praktis, sebab PKK tidak berpolitik praktis," tegas Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Hulu, saat acara puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 46 di Gedung Indoor Putussibau, Rabu 09 Mei 2018. 

Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan, sejak Tahun 1966 PKK sudah ada, maka usia organisasi ini sudah lebih setengah abad. Dalam peran oraganisasinya, PKK tetap berupaya meningkatkan kesejahteraan keluarga masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Sehubungan dengan peringatakan HKG ke 46 tingkat Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2018, tema yang diangkat adalah 'Kerukunan dalam keluarga dan lingkungan untuk wujudkan Indonesia damai'. "Ini menegaskan bahwa PKK itu harus rendah hati, tapi tidak rendah diri. Perbuatan dan tindakan kader PKK harus baik dalam hidup di dunia dan bernegara," tegas Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Hulu. 

Tema HKG PKK juga mengingatkan kepada ibu-ibu PKK agar menjadi benteng utama ketahanan keluarga. Dengan demikian akan mewujudkan kedamaian di lingkungan dan Bangsa. Ini akan turut memajukan perkembangan Bangsa. Perkembangan informasi Nasional dan Internasional harus diikuti oleh PKK. Sebab banyak berita beredar yang belum tentu benar (HOAX) dapat memicu konflik sosial, serta dapat menghilangkan keamanan dan damai daerah. "Contoh dari bahanya informasi tidak benar ini sudah ada, itu harus jadi perhatian bagi PKK agar dapat menjadi benteng keluarga dalam artian luas. PKK harus dapat memilah hal baik dan hal buruk," pesan Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Hulu.

Kemudian, PKK yang juga adalah karakater ibu dalam keluarga harus dapat membentuk anak dengan baik. Mulai dari saat janin hingga tumbuh dewasa. Ibu-ibu juga harus dapat menjaga harmonisasi keluarga. "Saya dorong kita semua sebagai PKK Kapuas Hulu agar dapat beri contoh nyata untuk wujudkan keluarga yang harmonis,". Hal lain yang perlu diperhatikan, PKK Kecamatan harus mendorong Dasawisma agar aktif di Desa. Kemudian angkat pula potensi kearifan lokal setempat guna mendukung pencapaian program pokok PKK. "Saya himbau PKK diseluruh tingkatan agar turut mengangkat potensi kearifan lokal, bersama tokoh masyarakat, pemuka agama dan sebagainya. Untuk memberi penyuluhan di masyarakat agar tumbuh keluarga yang baik dalam Berbangsa dan Bernegara," tutup Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Hulu, dihadapan ratusan kader PKK Kapuas Hulu yang hadir.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, AM. Nasir, SH mengatakan, selama ini banyak program Pemerintah Kapuas Hulu bisa berjalan baik dengan hadirnya PKK. Sebab itu, Bupati Kapuas Hulu berharap, mudah-mudahan kegiatan PKK bisa terus dilaksanakan secara aktif setiap tahunnya. "Saya minta para Camat dan Kepala Desa alokasikan anggaran bagi PKK setiap tahun, sehingga mereka dapat beraktifitas dengan maksimal,". Bupati Kapuas Hulu menjelaskan, jabatan PKK memang bukan pilihan, tetapi jabatan yang melekat pada jabatan suami. Pada organisasi perempuan ini, ada 10 pokok program yang dibagi dalam 4 pokja (kelompok kerja). "Seluruh program pokok tersebut mencakup banyak hal," terang Bupati Kapuas Hulu.

Menurut Bupati Kapuas Hulu, TP PKK Kapuas Hulu selama ini sudah menjalankan program dengan baik. PKK Kapuas Hulu juga tidak kalah aktif dengan PKK daerah lain. " PKK ini adalah organisasi sosial dimana anggotanya bekerja tanpa hitung -hitungan upah atau gajih. Saya melihat kebersamaan PKK selama ini sangat solid, terutama saat HKG PKK ini banyak kegiatan dan perlombaan terlaksana dengan baik,". Bupati Kapuas Hulu juga berharap, PKK sebagai mitra Pemerintah dapat bekerjasama dengan baik. OPD yang ada di Pemerintah juga harus membuka tangan bagi PKK untuk mensukseskan program yang ada. "Kami mengaharap OPD dan PKK bekerjasama. Ini tidak akan sukses kalau tidak saling bekerjasama," tegas Bupati Kapuas Hulu.


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)