Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Membicarakan keindahan alam Bumi Uncak Kapuas tak akan ada habisnya. Kabupaten yang terletak di jantung pualu Kalimantan ini  sering disebut (haert Of Borneo) atau dikenal dengan Kabupaten Kapuas Hulu. Begitu banyak tempat wisata yang menarik untuk dinikmati di daerah ini, diantaranya yang sudah mendunia adalah Taman Nasional Betung Kerihun dengan hutan hujan tropisnya yang eksotik dan Taman Nasional Danau sentrum yang membentang luas dengan keasriannya dan merupakan  salah satu ekosistem tempat hidupnya spesis biota air tawar terlengkap di dunia. Selain dua destinasi tersebut di atas  kurang lengkap rasanya kalo kita mencari referensi wisata di Kapuas Hulu  tidak membicarakan dan mengunjungi Sarai (air terjun) Berunyau Permai.

Obyek wisata Sarai Berunyau permai  terletak di wilayah Desa Rian Piang Kecamatan Bunut Hulu. Rabu  (11/04/2018) Zikri, seorang Traveller asli Putussibau yang sudah lama menggeluti hobby tersebut menceritakan bahwa  “Sarai Berunyau permai merupakan obyek wisata yang  indah, sarai ini merupakan air terjun yang jatuh di atas bebatuan alam  yang bertingkat-tingkat dan berada di tengah hutan hujan tropis yang masih asri. Sehingga ketika kita berada di tempat tersebut kita benar-benar serasa dimanjakan oleh alam, Airnya  yang bening dan  dingin khas perbukitan kaliamantan ditambah lagi pemandangan yang indah, sehingga  sangatlah mengasyikkan ketika kita mengunjunginya baik untuk sekedar menikmati lukisan alam tesebut, apalagi kalau kita mandi di air terjun tersebut. Selain Zikri ada juga Rosmadiah kepada media ini Rabu  (12/04/2018) menceritakan bahwa Sarai Berunyau benar-benar tempat yang indah dan asyik untuk tempat mengisi libur akhir pekan. Karena disana  ia bisa memanjakan diri untuk melepas kepenatan dan melupakan sesaat rutinitas hariannya dengan menikmati butiran-butiran air laksana sebening embun pagi yang terpercik dari air terjun Sarai Berunyau, apalagi kalau langsung mandi begitu terasa segar airnya”, kata Ros.

Untuk menuju Sarai Berunyau  permai, Zikri meceritakan  “Dari Putussibau menempuh waktu perjalanan selama kurang lebih 1 jam  menuju Desa Riam Piang, bisa mengunakan sepeda motor, kenderaan pribadi roda 4 atau sewa kendaraan roda 4 di Putussibau, khusus biaya sewa kenderaan roda 4, per harinya Rp500.000,00 smapai Rp600.000,00″. Sampai di Desa Riam Piang, kita melanjutkan perjalanan menyusuri jalan yang baru pengerasan dan sedikit  bergelombang untuk sampai di tujuan dengan lama tempuh kurang lebih 5 sampai 10 menit.

Kemudian jika kita ingin perjalanan lebih asyik lagi, dari Desa Riam Piang ketika air sungai Sebilit pasang, kita bisa  naik speed perahu bermesin 15 PK : Parden Kracht, ( bahasa Belanda / tenaga kuda) disediakan  masyarakat setempat yang siap mengantar kita sampai di sarai berunyau permai dengan menyusuri sungai yang sesekali beriam, dengan tarif Rp300.000,00 per speed. 1 speed bisa diisi 6 sampai 7orang dengan lama tempuh kurang lebih 15 menit”, terang Zikri. Baik Zikri maupu Rosmadiah mengatakan “sangat rugi kalau ingin traveling di Kapuas Hulu tidak mengunjungi  obyek wisata Sarai Berunyau Desa Riam Piang Kec. Bunut Hulu”.


Komentar

Belum Ada Komentar, Jadilah yg pertama.....

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)