Sambutan Bupati

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan bimbingan yang diberikan-Nya sehingga tampilan baru website pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu ini dapat terselesaikan. website ini berisikan semua informasi mengenai semua aspek yang ada di Bumi Uncak Kapuas tepatnya Kabupaten Kapuas Hulu propinsi Kalimantan Barat (West Borneo).

selengkapnya...



Bupati Kapuas Hulu,  AM. Nasir, SH memimpin rapat evaluasi penyerapan Anggaran Tahun 2017 dan penyusunan langkah-langkah strategis percepatan penyerapan Anggaran Tahun 2018 di Aula Sekretariat Daerah Kapuas Hulu, Selasa 13 Februari 2018 pagi. Rapat tersebut di ikuti Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius, L. Ain Pamero, SH, Sekretaris Daerah, Ir. H. Muhammad Sukri serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kapuas Hulu. Bupati Kapuas Hulu,  AM. Nasir, SH mengatakan,  pada APBD Tahun 2017 dianggarkan Rp 1,78 teriliun, yang terealisasi adalah Rp 1,6 teriliun lebih. "Ini setiap tahun mengalami penurunan, saya mau tahu apa permasalahannya. Agar tidak terulang di tahun ini," kata Bupati Kapuas Hulu kepada para Kepala OPD Kapuas Hulu. 

Dari 54 satuan kerja (satker) ada beberapa yang rendah serapannya. Serapan tertinggi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, sementara dua terendah ditempati Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya (DTR)  serta Dinas Pertanian dan Pangan (Distan). Bupati Kapuas Hulu memperkirakan DTR minim serapan karna berkaitan dengan permasalahan izin galian C. Karena bulan juni 2017 lalu baru DTR bisa berjalan proses lelangnya. "Saya harap ini tidak terulang. Saya lihat banyak yang sudah urus izin galian C," tegas Bupati Kapuas Hulu.

Bupati Kapuas Hulu menyayangkan dana Rp 122 milyar yang tersisa dari APBD Tahun 2017, sebab angka tersebut cukup tinggi. Terlebih ada Rp 4 milyar Dana Alokasi Khusus yang tidak terserap Dinas Perhubungan, dan terpaksa dikembalikan ke Pemerintah Pusat. "Dana itu untuk pembangunan dermaga, sangat disayangkan tidak terserap, OPD harusnya lebih aktif memanfaatkan Dana Pusat," tegas Bupati Kapuas Hulu. Bupati juga menekankan agar OPD di Tahun 2018 ini menjalankan program sesuai dengan RPJMD. Agar visi misi pembangunan Bupati dan Wakil Bupati dapat tercapai.

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius, L. Ain Pamero, SH menambahkan, serapan anggaran memang harus diperbaiki. Khususnya OPD yang anggarannya terkait barang dan jasa. OPD harus ada matrik pembangunan setiap tahun dan realisasinya harus dikejar, 20 persen di triwulan pertama,  30 persen di triwulan kedua,  40 persen di triwulan ketiga dan di triwulan terakhir 10 persen. "Ini yang saya tahu," ucap Wakil Bupati Kapuas Hulu. Tahun 2017 lalu target serapan anggaran adalah 95 persen tapi yang terealisasi hanya 92 persen lebih. Tahun ini target harus diatas 95 persen dan harus tercapai. 

Kemudian OPD yang tidak banyak melakukan proses barang dan jasa, harus lebih dimaksimalkan. "Saya lihat lima OPD terendah tidak terkait program pengadaan barang jasa atau fisik. Seperti OPD terendah kedua serapan anggarannya yaitu Distan. Anggaran itu harus maksimal termanfaatkan, karena setiap tahun dana daerah itu berkurang," tutup Wakil Bupati Kapuas Hulu. (Doc. Bidang SAI-DKIS)


Komentar

  • mais informa;oes menulis:

    For most up-to-date information you have to go to see
    world wide web and on web I found this website as a finest website for most recent updates. For most up-to-date information you have to go to see
    world wide web and on web I found this website as a finest website for most recent updates.

  • monografia 2.0 menulis:

    If you would like to improve your know-how just keep visiting this site and
    be updated with the hottest news update posted here. If you would like to improve your know-how just keep visiting this site and
    be updated with the hottest news update posted here.

  • tcc software menulis:

    Thank you for another informative site. Where else may just I am getting that
    kind of info written in such an ideal way? I have a project that I am just now operating on, and I've been at the look out for such information. Thank you for another informative site. Where else may just I am getting that
    kind of info written in such an ideal way? I have a project that I am just now operating on, and I've been at the look out for such information.

Tambah Komentar

Nama (required)

eMail (required)

Comment (required)

Masukkan 6 kode diatas (required)